Senin, 17 September 2012

Tips dan kiat memulai sebuah bisnis yang sukses

Tips dan kiat memulai sebuah bisnis yang sukses. Memulai sebuah bisnis memang bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Perlu tenaga, biaya serta usaha yang terus-menerus dan berkesinambungan guna membuat usaha tersebut semakin maju. Akan tetapi satu hal lagi yang tak kalah penting dalam memulai sebuah bisnis yang sukses adalah analisa yang jitu. Analisa tersebut melingkupi beberapa hal yang berkaitan dengan usaha yang dilakukan, diantaranya yaitu perhitungan untung rugi yang berkala, kemajuan dari usaha tersebut serta perkembangan trend yang berlaku.

Sebuah paradigma yang berkembang mengatakan bahwa untuk memulai sebuah bisnis yang baik haruslah dengan modal yang besar, pada kenyataannya justru usaha yang bisa berkembang bukanlah berarti usaha yang harus selalu dimodali dengan dana yang besar, tapi usaha yang berkembang adalah usaha yang menunjukan grafik yang cenderung mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Dan hal ini tidak ada sangkut pautnya dengan masalah pendanaan. Nah, melalui artikel sederhana bertema tips sukses memulai sebuah bisnis, admin blog terbaru5.blogspot.com ingin memberikan beberapa tips sukses dalam memulai sebuah bisnis agar bisnis anda semakin bertumbuh dan maju di masa depan. Nah, tips-tips serta kiat-kiat apa saja yang perlu diperhatikan dalam rangka memulai sebuah bisnis?. Berikut adalah rangkumannya:

Tips dan kiat memulai sebuah bisnis yang sukses - terbaru5.blogspot.com

1. Melakukan analisa yang baik perihal perkembangan bisnis anda di masa mendatang.
Lakukan analisa berapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan bisnis anda di masa mendatang. Sebagai contoh acuan atau barometer dari sebuah usaha yang baik adalah usaha tersebut bisa menghasilkan keuntungan kurang lebih 20% pertahun dari jumlah modal.

Lalu bagaimana jika bisnis yang anda lakukan tidak berjalan dengan mulus, bahkan cenderung mengalami kerugian?. Segeralah perbaiki dan cari letak kesalahan dan kekurangannya. Jika letak kesalahannya berada pada sistem manajemennya, maka segeralah diperbaiki. Namun, jika ternyata perbaikan tersebut tidak membuahkan hasil dan usaha yang anda jalani terus mengalami kerugian, maka tidak ada salahnya jika anda melepasnya dan menjualnya untuk kemudian mencoba berbisnis di bidang lain dibanding dengan meneruskan usaha yang jelas sudah tidak produktif lagi. Namun sebelum melakukannya diperlukan analisa dan pemikiran yang matang karena jangan-jangan usaha tersebut justru akan jadi trend di masa mendatang.

2. Bisnis anda layak tumbuh dan bisa bersaing dan memiliki masa depan depan yang jelas.
Analisa dan cari tau informasi terkini perihal produk yang ingin anda jual. Bisnis yang paling baik adalah bisnis yang memang anda minati dan kuasai. Namun tak ada salahnya jika anda mengkombinasikannya dengan trend yang sedang berkembang, kemudian tambahkan nilai plus pada produk anda dibandingkan produk-produk serupa dipasaran agar bisa lebih kompetitif

Misalnya saja anda ingin menjual handphone, maka hendaklah disesuaikan dengan handphone yang memang sedang trend pada masa sekarang jika anda tidak ingin usaha anda gulung tikar. Namun, jika anda terbentur dengan modal yang kecil, mungkin bisnis aksesoris akan jauh lebih menjanjikan karena bisnis aksesoris tidak memiliki "pakem-pakem" khusus dan akan senantiasa marak penggemar selama produk anda terlihat menarik, cantik serta inovatif. Dan siapa tau justru anda bisa menjadi trend-setter dari bisnis ini.

3. Bisnis anda bisa berjalan dengan atau tanpa anda.
Jika anda telah membuat sebuah bisnis yang sukses, tentu akan secara otomatis anda akan kembali membuat bisnis lainnya yang lebih menguntungkan untuk bisa memperoleh aset yang lebih banyak dibandingkan jika anda hanya mengandalkan pada satu bisnis saja. Nah, untuk memulai sebuah bisnis kembali tentulah anda akan mengalihkan perhatian, waktu serta fokus anda pada bisnis kedua. Nah, disinilah anda harus melakukan analisa apakah bisnis anda yang lama dapat ditinggalkan untuk sementara waktu agar anda bisa mengelola bisnis anda yang kedua atau tidak. 

Jika anda merasa bisnis lama anda bisa terancam jika ditinggalkan, maka ada baiknya jika anda menundanya terlebih dahulu atau mencari orang lain yang bisa dipercaya untuk mengelolanya, bisa jadi orang tersebut adalah rekan atau mitra bisnis anda, orang terdekat anda ataupun orang lain yang anda menurut anda memiliki kemampuan sehingga anda bisa latih (training) untuk mengelola bisnis lama anda agar bisa berjalan tanpa anda.

Demikianlah beberapa kiat sukses dalam memulai sebuah bisnis. Semoga bermanfaat dan semoga bisnis anda semakin berkembang pesat.


(red: admin terbaru5, finance.detik.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...