Thursday, September 27, 2012

Manfaat Sehat Lele, Baik Untuk Otak dan Jantung

Anda pasti mengenal ikan lele. Ikan dengan bentuk yang agak menyeramkan ini memiliki daging yang halus dan rasa yang enak. Semua orang dapat menikmati lele, karena ikan air tawar yang satu ini memang tidak mahal. Si ikan berkumis ini ternyata membawa banyak manfaat sehat, dilansir dari Livestrong.

Sehatkan Otak dan Jantung
Ikan yang terkenal dengan kandungan omega-3 dan omega-6 adalah ikan-ikan 'mahal' seperti salmon, makerel, ikan kod dan sebagainya. Padahal.. ikan lele yang dijual di pasar-pasar tradisional memiliki manfaat yang sama. Satu porsi ikan lele menyediakan 220 mg asam lemak omega-3 dan 875 asam lemak omega-6. American Heart Association bahkan menyarankan agar orang-orang memasukkan ikan lele dalam menu beberapa kali seminggu. Kedua nutrisi tersebut memang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan otak.

Penyedia Asupan Protein Yang Baik
Dalam satu porsi lele, tersedia 15,6 gram protein yang akan memenuhi semua kebutuhan asam amino yang dibutuhkan tubuh Anda. Kualitas asam amino yang diberikan ikan lele adalah kualitas yang baik untuk membangun masa otot dan membangun meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Anda juga membutuhkan protein untuk menyediakan energi.

Sumber Vitamin B-12
Mengonsumsi satu porsi lele akan membuat kebutuhan vitamin B 12 yang dibutuhkan tubuh terpenuhi sebanyak 40 persen. Vitamin B 12 adalah nutrisi yang penting untuk membantu tubuh memecah makanan menjadi energi. Karena itu, asupan vitamin B 12 yang tercukupi akan membuat Anda lebih bertenaga dan tidak membuat cepat lesu.

Rendah Merkuri
Isu ikan laut yang mengandung merkuri masih menghantui. Bahaya dari mengonsumsi makanan yang mengandung merkuri adalah pengaruhnya mengacaukan sistem saraf. Ikan lele biasanya dibudidayakan di perairan yang aman dari jangkauan merkuri, sehingga ikan ini cenderung aman dan rendah merkuri. Tak heran jika ikan lele dianjurkan untuk ibu hamil, karena tingginya tingkat merkuri dapat membahayakan janin.
Itu dia beberapa manfaat lele bagi kesehatan, sip banget kan? Anda. Ayo share artikel ini agar teman-teman Anda tidak ragu makan lele. Walaupun seram, bikin sehat.. Yang suka hidangan lele, like dong.. ;)

sumber : vemale.com

No comments:

Post a Comment