Jumat, 28 September 2012

Patung Bung Karno yang Muncul di Thailand


Patung Bung Karno yang Muncul di ThailandPresiden pertama Indonesia, Soekarno, memang sangat disegani nggak hanya di Indonesia saja tapi juga diseluruh dunia. Keberanian, kepintara dan kharimasnya yang menjadikan presidenyang akrab Bung Karno ini bersinar dan dihormati Negara lain. Nah,   sebagai wujud penghormatan, museum Madame Tussauds di Bangkok, Thailand, mengabadikan Bung Karno dalam sebuah patung lilin lho.

Dalam proses pembuatan patung lilin ini, sebelumnya terlebih dulu dilakukan penelitian mendalam, berdasarkan data-data dari pihak keluarga, Uni Soviet, Amerika Serikat maupun pada saat kunjungan ke PBB, kawan. Nah, dari penelitian tersebut didapat data-data fisik Bung Karno, seperti warna kulit, bentuk wajah dan gambaran detail lainnya. Patung lilin ini dibuat berdasarkan profil Bung Karno yang pada masa itu sedang melalukan kunjungan ke Amerika Serikat, tanggal 30 September 1960, untuk menyampaikan pidato “To Build the World a New”.
Pakaian Bung Karno untuk patung lilinnya didesain secara eksklusif oleh perancang busana terkenal Indonesia Samuel Wattimena. Tahu nggak kawan, bahkan peci yang menjadi ciri khas Bung Karno juga dipesankan langsung oleh cucu Bung Karno yaitu Puti Guntur Soekarno di Bandung dan secara khusus dijahitkan di tempat pemesanan peci yang biasa dipakai Bung Karno lho.

Dalam proses pembuatan patung ini juga mengalamai kendala dan kesulitan tersendiri, kawan.  Kesulitan adalah pada saat pembuatan tongkat komando yang selalu dibawa Bung Karno dalam acara-acara resmi. Hal itu terjadi karena keterbatasan data tentang tongkat komando tersebut.

Akhirnya HM Prananda Prabowo yang merupakan putra dari Megawati Soekarnoputri membantu dalam membuat tiruan tongkat komando tersebut. Tongkat Komando terbuat dari kayu Rampung, suatu jenis kayu langka dan dianggap bertuah dalam kebudayaan Jawa. Bagian dalam Tongkat Komando diisi dengan kayu Wunglen yang menggambarkan besarnya energi pengabdian tanpa akhir Bung Karno. Bagian logam Tongkat Komando dibuat dari perak dan emas. Tongkat ini punya lima ring/cincin emas melambangkan Pancasila dan ada emblem berbentuk lambang Garuda Pancasila. Wow…Luar biasa!
Patung lilin Bung Karno ini diremikan pada, Senin 24 September 2012 dan dihadiri langsung oleh mantan presiden Indonesia yang juga anak Bung Karno, Megawati Soekarnoputri. Dia berharap patung Bung Karno ini juga bisa dihadirkan di museum Madame Tussauds negara lainnya.

suararemaja

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...