Tuesday, September 25, 2012

Pembagian Zaman Berdasarkan Hasil Kebudayaan Manusia Prasejarah

Pembagian Zaman Berdasarkan Hasil Kebudayaan Manusia Prasejarah

Pembagian Zaman Berdasarkan Hasil Kebudayaan Manusia Prasejarah - Info Terbaru, akan sedikit merangkum pelajaran sejarah yaitu tentang pembagian zaman berdasarkan hasil kebudayaan manusia prasejarah.
Hasil kebudayaan pada zaman prasejarah dapat di golongkan menjadi beberapa golongan diantaranya yang saya rangkum di bawah ini :

1. Zaman Paleolitichum
Hasil kebudayaan ini umum di buat dari batu dan tulang serta tanduk rusa.
2. Zaman Mesolitihicum
Hasil kebudayaan pada zaman ini ditemukan berbagai alat dari batu yang masih kasar namun ada juga alat-alat yang sudah halus.
sedangkan di Sumatera ditemukan kapak-kapak kecil yang disebut peble.
3. Zaman Neolithicum
Disebut juga zaman batu baru dikarenakan peninggalan kebudayyan manusia pada zaman ini sudah dibentuk dan mempunyai model serta di buat baik dan halus. Hasil kebudayaan zaman Neolithicum ini diantaranya : kapak persegi, kapak lonjong, gelang, kalung, begel dan patung nenek moyang.
4.Zaman Perunggu
Pada zaman ini manusia sudah pandai dan bisa melebur logam,
Benda-benda yang di hasilkan dari budaya zaman Perunggu diantaranya : Nekara, kapak perunggu, perhiasan dari perunggu, arca perunggu dan yang lainnya.

Selain daripada yang hasil kebudayaan diatas ternyata kita masih menemukan hasil kebudyaan yang bahan-bahannya terbuat dari batu besar, dan di sebut sebagai budaya Megalithicum.
Hasil kebudayaan Megalithicum diantaranya adalah Dolmen, Menhir, Sarcopagus, Arca, Punden berundak, kubur batu.

Sekian rangkuman yang dapat admin Info Terbaru uraikan kurang lebihnya mohon maaf, semoga artikel Pembagian Zaman Berdasarkan Hasil Kebudayaan Manusia Prasejarah bermanfaat bagi anda yang sedang mencarinya.
Terimakasih telah berkunjung kamu dapat membaca artikel tentang pengetahuan lainnya di : Pengetahuan

No comments:

Post a Comment