Kamis, 27 September 2012

Rutin Makan Brokoli, Aman Dari Sakit Jantung

Brokoli, sayur semacam bunga kol yang lezat diolah menjadi berbagai masakan. Beberapa waktu lalu brokoli masih belum banyak dikonsumsi sebagai sayur sehari-hari karena harganya yang cukup mahal dan jarang tersedia. Namun sekarang brokoli bisa dengan mudah ditemukan di pasar tradisional yang cukup besar dan telah banyak dikenal masyarakat melalui masakan tumis, maupun digoreng sebagai kudapan.

Ternyata sayur unik berwarna hijau ini tidak hanya memanjakan lidah, tapi juga punya manfaat kesehatan. New British Heart Foundation(BHF) menemukan alasan mengapa sayur begitu penting untuk kesehatan. Serat bukan satu-satunya kelebihan yang bisa diberikan sayur untuk menjaga tubuh tetap sehat, melainkan ada khasiat lain yang didapatkan dari kandungan-kandungan dalam sayur.

Bahan-bahan kimia dalam sayur, terbukti bisa mengaktifkan kembali protein Nrf2 di area arteri yang sebelumnya tidak aktif. Protein ini berfungsi menjaga arteri dari serangan penyakit. Pada bagian tertentu dari arteri, protein ini tidak aktif sehingga area tersebut menjadi rentan terserang penyakit. Salah satu bahan tersebut adalah sulforaphane yang mengurangi peradangan pada arteri dengan mengaktifkan protein Nrf2.

Brokoli adalah sumber sulforaphane. Mengonsumsi brokoli secara teratur bisa dipastikan menjaga kesehatan arteri dan dengan demikian menjauhkan risiko serangan jantung dan stroke karena penyumbatan. Namun penelitian lebih lanjut masih dilakukan untuk mengetahui bagaimana efek konsumsi brokoli terhadap arteri yang telah terlanjur terkena penyakit. Diharapkan brokoli juga bisa menjadi pengobatan selain pencegahan. Penelitian ini dipublikasikan di Journal Arteriosclerosis Thrombosis and Vascular Biology, dan dikutip dari imperial.ac.uk.

sumber :vemale.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...