Minggu, 23 September 2012

Tips cara mengembalikan mood yang hilang dengan cepat

Tips cara mengembalikan mood yang hilang dengan cepat. Mood atau suasana hati setiap orang pastinya kerap berubah tergantung dari suasana hati dan situasi keadaan sekitar yang mempengaruhinya. Namun tidak sedikit juga orang yang memang memiliki kecenderungan memiliki mood yang sering berubah sehingga tidak dapat diprediksi kapan waktunya mood menjadi buruk, masyarakat kita menyebutnya dengan moodian. Lalu bagaimana cara mengatasinya?.

Berdasarkan pengalaman pribadi, admin kemudian merumuskannya menjadi sebuah artikel yang berjudul cara mengembalikan mood yang hilang dengan cepat. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang anda dapat lakukan untuk mengembalikan mood yang hilang.

Tips cara mengembalikan mood yang hilang dengan cepat - terbaru5.blogspot.com
Mood illustration

1. Lakukan "STOP and GO"
Cara pertama untuk mengembalikan mood anda yang hilang adalah dengan cara "STOP and GO". Jika anda sudah merasa penat dengan segala kesibukan, aktifitas dan jadwal yang padat, maka berhentilah sejenak dan pergi menghindar untuk menenangkan diri anda. Saat diri anda telah merasa tenang dan rileks, barulah mulai menjalankan aktifitas anda kembali.

2. Hibur diri anda.
Banyak orang bilang bahwa tertawa adalah obat mujarab. Dan telah dibuktikan oleh sains bahwa tertawa bisa menstimulsi otak agar bisa berpikir lebih jernih. Oleh karenanya, cobalah berusaha untuk menghibur diri anda saat stress serta kejenuhan yang membuat mood anda berantakan datang melanda. Mainkan game di iPhone 5 anda atau jika anda adalah seorang penggemar film komedi, maka dengan menonton film tersebut mungkin mood anda bisa sedikit diperbaiki.

3. Mengakrabkan diri dengan lingkungan.
Cobalah untuk mengakrabkan diri dengan lingkungan. Kantor merupakan tempat bertemunya orang-orang dengan berbagai macam karakter dan kepribadian. Cobalah bergabung dan mengakrabkan diri dengan orang-orang sanguinis yang lebih santai dan gemar melucu. Siapa tau gaya mereka yang humoris bisa membangkitkan kembali mood anda yang hilang.

4. Relaksasi dengan pijatan lembut.
Rutinitas pastilah menjadi aktifitas yang menjemukan. Saat mood anda terganggu, cobalah untuk mengendurkan sedikit intensitas kegiatan yang anda lakukan. Berikan jarak antara bangku dan meja komputer anda kemudian berusaha untuk melakukan relaksasi bagi tubuh anda. Cobalah untuk menarik nafas panjang dengan mata terpejam diiringi dengan pijatan-pijatan lembut disekitar daerah dahi dan di leher anda. Lakukan selama 5 menit. Dijamin mood anda akan kembali lagi.

5. Terapi aroma
Cara ini sering diterapkan guna mengendurkan syaraf-syaraf otak yang tegang. Cobalah untuk menggunakan wangi-wangian yang beraroma lembut dan segar untuk menghidupkan kembali mood anda. Hasil penelitian menyebutkan bahwa terapi aroma sangat bermanfaat untuk mengaktifkan kembali sistem limbik anda. Sistem limbik adalah satu set struktur otak yang berpengaruh terhadap emosi serta perilaku manusia. Jadi, tidak ada salahnya bukan jika anda mencoba cara yang satu ini?.

6. Pejamkan mata dan gunakan imajinasi anda
Imajinasi merupakan salah satu kekuatan pikiran yang anda miliki, oleh karena itu maka pergunakanlah. Seorang motivator pernah bercerita bahwa disaat ia dilanda kejenuhan, maka yang dilakukannya adalah memejamkan mata dan membayangkan hal-hal indah dengan detail. Misalnya jika anda adalah seorang yang suka dengan suasana pantai, maka imajinasikan pikiran seolah-olah anda sedang berada disana. Rasakan ditangan anda betapa halusnya pasir pantai yang anda genggam, betapa lembutnya hembusan angin yang menerpa wajah anda dan dengarkan suara-suara ombak yang bergerak beriringan. Bayangkan secara detail dan lakukan selama 10 menit lalu bukalah mata anda.

7. Hobi
Orang bijak pernah berkata, "Manusia tanpa hobi bagaikan jasad yang tak bernyawa". Kalimat tersebut seakan-akan menjadi cerminan nyata bahwasanya manusia tanpa kegemaran akan menjadi limbung dan tak tau bagaimana mengekspresikan dirinya saat dihinggapi stress. Oleh sebab itu pilihlah sebuah hal yang anda gemari dan jadikan hobi. Saat mood anda hilang, maka gunakan hobi anda untuk mengembalikannya lagi. Jika anda gemar menulis, maka gunakanlah menulis sebagai "obat" untuk diri anda. Curahkanlah segala bentuk emosi, kekesalan serta kegundahan anda dalam bentuk rangkaian tulisan.

8. Berpikir positif dan fokus pada tujuan.
Berpikirlah positif dan yakinkan diri anda bahwa yang anda lakukan adalah hal positif yang berguna bagi kesuksesan anda di masa depan. Dengan berpikir positif dan fokus pada tujuan maka akan tercipta sebuah kekuatan baru, yaitu semangat.

Berikan kesempatan bagi diri anda untuk beristirahat. Saat anda telah merasa begitu jenuh dengan berbagai rutinitas serta keseharian anda, maka ambillah cuti dan luangkanlah waktu bersama keluarga atau lakukan hal yang anda senangi, selama hal tersebut bersifat positif tentunya. Gunakanlah waktu anda dengan bijaksana serta seefisien mungkin.

Sebenarnya masih banyak lagi tips dan resep cara membuat mood anda kembali lagi. Namun admin akan membahasnya di lain kesempatan. Semoga tips-tips untuk mengembalikan mood ini bisa menginspirasi anda.


(red: admin dari pengalaman pribadi)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...