Minggu, 23 September 2012

Tips dari Becky Tumewu Agar Percaya Diri




Tips dari Becky Tumewu Agar Percaya Diri -
Transformasi karier Becky dari artis sinetron, penyiar radio, MC, hingga kemudian mendirikan sekolah public speaking, dibekali dengan satu modal utama, yaitu Percaya Diri.
Melajunya karier Becky di dunia hiburan, diakui oleh perempuan murah senyum ini adalah sebuah kejutan. Bukan datang secara tiba-tiba tanpa usaha yang keras, namun karena  sebenarnya ia tak menyangka bisa berada di titik ia berdiri sekarang.
“Saya menemukan passion saya saat menjadi penyiar, tapi nggak ingin sampai di situ saja. Kesempatan yang datang selanjutnya adalah bisa bergabung ke dunia pertelevisian. Karena saya Pede, saya ambil kesempatan itu dengan tujuan agar bisa menghadirkan suara dan kemampuan saya kepada lebih banyak orang,” kisahnya.
Ia pun lalu membawa pergerakan kariernya ke level berikutnya, yaitu memantapkan posisi sebagai seorang ahlipublic speaking dengan mendirikan Talk Inc., sebuah sekolah kepribadian dan public speaking bersama rekan-rekannya, Erwin Parengkuan dan Alexander Sriewijono. Itu sekaligus mengukuhkan bahwa karier sebagai presenter dan public speaker adalah sebuah profesi yang serius dan menjanjikan.
Dengan sederet profesi yang ia jalani sekarang ini, keberhasilannya membawakan diri secara baik sebenarnya berbanding terbalik dengan masih banyaknya perempuan yang “kalah sebelum perang” untuk urusan public speaking. Belum juga mencoba, tapi begitu seringnya perempuan merasa minder untuk berbicara dengan banyak orang. Tentang fenomena tersebut, Becky memberikan tanggapannya.
“Ini tugas kita semua untuk saling menyemangati agar punya cukup percaya diri tampil dan berbicara. Karena, saat kita nggak memiliki rasa percaya diri yang cukup, kita nggak akan pernah tahu potensi diri, mungkin saja kita akan terus diremehkan orang. Di sinilah perlunya edukasi agar perempuan menghargai diri sendiri. Bila kita sudah bisa mengetahui itu, pasti bisa menemukan modal dalam diri untuk membangun potensi karena sudah merasa nyaman dengan kapabilitas yang dimiliki,” tipsnya.
Becky dengan yakin mengatakan bahwa percaya diri dengan kemampuan dan kepribadian yang ia miliki telah mengantarkannya ke kesuksesan. Sebenarnya, apa definisi percaya diri untuknya?
“Percaya diri adalah ketika kita nyaman dengan diri kita sendiri, nyaman dengan kemampuan kita, termasuk nyaman dengan penampilan kita. Biar nyaman dengan penampilan, setiap hari saya pakai Rexona Women baru. Dry Shield Technology-nya mampu memberikan perlindungan untuk tetap kering sepanjang hari. Saya jadi percaya diri dan siap tampil kapan pun dan di mana pun. Langkah kedua, setelah kita sudah percaya diri dan nyaman dengan diri kita sendiri, jangan berhenti sampai di situ saja, tapi kita justru harus menantang diri kita dengan dua kata: kenapa enggak? Siapa tahu kita bisa mencapai sesuatu yang bahkan lebih dari apa yang kita miliki sekarang.
Lalu, apa yang Becky bisa lakukan untuk menularkan kepercayaan diri kepada orang lain?
“I don’t bully people. If you do that, efeknya akan berbalik. Saya lebih suka memberikan saran tanpa merendahkan orang lain. Dengan komunikasi, kita mampu lho membangun percaya diri orang lain. Menghargai orang lain, memuji kelebihannya, hingga berterima kasih pada orang lain atas kebaikan mereka, bahkan untuk hal yang dianggap sepele seperti dibukakan pintu oleh penjaga pintu, adalah hal yang harus dihargai. Ketika mereka dihargai, mereka pasti akan merasa lebih percaya diri,” katanya memberi contoh.
Becky pun memaparkan rahasianya untuk sukses membangun percaya diri dan bebas khawatir yang sering menjadi hambatan perempuan lain ketika akan berbicara di depan banyak orang. Ini dia:
  1. Bangun kenyamanan, percaya diri, potensi, dan tonjolkan kelebihan yang dimiliki.
  2. Persiapkan diri dengan menyusun materi pembicaraan dengan rapi.
  3. Mencari tahu detail kecil tapi penting, seperti audiens yang menghadiri, venue, sampai ke pakaian yang mau dipakai. Persiapan itu termasuk berlatih, karena latihan membuat hal yang telah dipersiapkan semakin sempurna. “Saya mengajar di Talk Inc. pun membutuhkan latihan, lho!,” tambahnya semangat.
Sebelum mengakhiri pembicaraan, ada satu lagi pesan penting dari perempuan yang selalu tampak segar ini.
“Sekarang saya mau mengajak perempuan Indonesia untuk melakukan lebih setiap harinya dengan tantang dirimu dengan dua kata “ Kenapa Enggak?” Gabung saja di Fanpage Rexona Women  (Promo/Game) untuk mendapatkan inspirasi dan motivasi melakukan lebih tiap hari dari Rexona. Jadi, melakukan banyak hal untuk capai lebih setiap hari, kenapa enggak?,” tutupnya.
(vem/yel) vemale.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...