Senin, 24 September 2012

Tanda Tangan Barack Obama Sampai ke Planet Mars

Meski Presiden Amerika Serikat, Barack Obama belum menjejakkan kakinya di Mars, namun tanda tangannya sudah sampai di planet itu. Ini adalah kejutan lain dari misi kendaraan penjelajah (rover) Curiosity di planet merah.

Gambar sebuah plakat yang memuat tanda tangan sejumlah pejabat AS, termasuk Obama dan wakilnya, Joe Biden diambil oleh instrumen Mars Hand Lens Imager (MAHLI) pada 19 September 2012. Plakat tersebut

Barack Obama

berada di sisi kiri depan dek Curiosity.
Plakat segiempat tersebut dibuat dari alumunium dengan ukuran panjang 100 milimeter dan lebar 82 milimeter. Ditempelkan dengan empat baut.

Plakat bertanda tangan yang sama, termasuk tanda tangan presiden dan wakilnya, sebelumnya juga menghiasi rover Spirit dan Opportunity NASA, yang mendarat di Mars pada Januari 2004.
Tanda Tangan
Meski lama direncanakan, misi Curiosity bisa dibilang pencapaian dalam pemerintahan Obama. Dalam teleponnya dari pesawat kepresidenan, Air Force One, Agustus 2012 Obama mengucapkan selamat pada ilmuwan dari Jet Propulsion Laboratory NASA di California.
Curiosity bertujuan untuk mengungkap tanda-tanda kehidupan di planet terdekat dengan Bumi itu. Sekaligus mengirimkan data-data untuk mempersiapkan misi masa depan.

Dengan bercanda, Obama mengatakan, "jika Anda berhasil melakukan kontak dengan mahluk Mars, tolong langsung beritahu saya." Dia menambahkan, "meski jika itu hanya berbentuk mikroba, itu akan sangat menarik."

Tak hanya tanda tangan Obama, Curiosity juga memiliki medali bergambar bendera Amerika Serikat, itu adalah satu dari empat logo yang ditempatkan di lengan robot penjelajah medan berbatu Mars itu.

Medali berbentuk lingkaran dibuat dari alumunium dengan diameter 68 milimeter itu ditempatkan dengan baut di lengan Curiosity. Sementara, tiga medali lain memuat logo NASA, logo JPL, dan logo misi Curiosity.
Planet Mars
Kamera MAHLI yang berada di lengan Curiosity bertugas untuk merekam gambar batu dan tanah di Kawah Gale dengan resolusi tinggi. Kamera tersebut mampu fokus pada setiap sasaran dalam jarak 2,1 centimeter hingga tak terhingga. Memiliki fleksibilitas untuk keperluan lain, seperti memfoto rover itu sendiri dari sudut yang berbeda. (Sumber: NASA | umi)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...