Selasa, 11 September 2012

Tips Mengatasi Homesick Saat Jauh Dari Rumah



Tips Mengatasi Homesick Saat Jauh Dari RumahSaat anda harus berada jauh dari rumah dan keluarga baik itu untuk melanjutkan sekolah maupun bekerja dalam jangka waktu yang lama, pasti anda akan merasa sangat rindu dengan rumah atau biasa juga disebut homesick. Bulan-bulan pertama jauh dari rumah anda biasanya menjadi waktu paling sulit untuk mengatasi homesick.
Homesick memang bisa dikatakan sangat wajar terjadi dan akan menyebabkan ketidaknyamanan bagi anda yang belum terbiasa, namun yang harus diwaspadai adalah efek yang ditimbulkan jangan sampai menganggu kinerja anda baik dalam melakukan tugas kantor maupun tugas belajar.
Nah, jika saat ini anda sedang berada jauh dari keluarga dan temam-teman serta merasakan homesick, ada baiknya anda mencoba beberapa tips di bawah ini untuk menghilangkan rasa homesick,

  1. Berpikiran positif
Hari-hari sampai bulan-bulan pertama memang menjadi masa-masa paling sulit ketika anda harus berada jauh dari rumah. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga pikiran anda tetep positif dan tidak menjadi kacau. Yakinkan pada diri anda sendiri kalau rasa tidak nyaman yang sedang anda rasakan itu akan berlalu seiring jalannya waktu dan anda bisa melalui fase yang tidak menyenangkan ini karena pada dasarnya anda bukanlah satu-satunya orang yang harus berada jauh dari rumah.

  1. Manfaatkan internet
Jika ada bekerja di dalam kantor yang menyediakan fasilitas internet, sebaknya gunakan fasilitas itu sebaik mungkin untuk berhubungan melalui email, Skype dan lainnya dengan keluarga atau orang-orang yang anda sayangi. Jika perlu gunakanlah webcam untuk membuat anda merasa semakin dekat dan tidak terpisah jarak yang terlalu jauh dengan keluarga.

  1. Carilah teman
Salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi homesick adalah dengan mendapatkan teman di tempat anda tinggal sekarang sehingga anda bisa menghabiskan waktu dengan menyenangkan dan tidak teringat-ingat dengan keluarga anda yang berada jauh dari tempat anda tinggal. Untuk itu, jangan pernah sungkan untuk mencari teman yang sebanyak-banyaknya dan bergabung dengan mereka.

  1. Nikmati momen dengan maksimal
Bersyukurlah dengan apa yang sudah anda raih sekarang walaupun itu harus ditukar dengan konsekuensi anda jauh dari rumah. Isilah waktu senggang anda dengan mengeksplorasi tempat tinggal baru anda dan jelajahilah hal-hal yang khas dan unik yang terkenal dari tempat itu sehingga anda tidak akan merasa kesepian lagi.

carapedia.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...