Rabu, 05 September 2012

VY Canis Majoris Bintang Terbesar di Alam Semesta



Pandanglah kelangit, teroboslah awan dan tembuslah atmosfer, lihatlah apa yang ada disana ? Betul,,,, disana ada alam semesta yang sangat luas, ada planet-planet dan bintang-bintang. Dan tahukah kamu planet apa yang terbesar dalam sistem tata surya kita? Ya, jawabannya adalah Jupiter, saya tidak mengukur sendiri tapi para ilmuwanlah yang telah menghitungnya dengan menggunakan ilmu pengetahuan yang mereka punya. Kita tidak usah memikirkan bagaimana mereka mengukur besarnya planet Jupiter karena hal tersebut malah akan menambah masalah kita.
Lalu apalagi yang terbesar dalam sistem tata surya kita, ? jangan lupakan pusat dari tata surya Bima Sakti (milky way) “matahari”, saya sendiri bukan orang fisika jadi sayapun tidak bisa mengukur secara pasti ukuran matahari, pokoknya matahari-lah yang paling besar yang terdekat dengan bumi (kurang lebih 150 jt Km), dulu ketika aku masih kecil aku pernah membaca perbandingan antara planet bumi dan matahari adalah seperti bola kasti dengan rumah, tentu saja kalau bumi sebesar bola kasti maka matahari dapat di umpamakan sebesar rumah (nb : tidak diterangkan rumah jenis apa, pokoknya sebesar “rumah”)
Kalian mungkin sudah tahu bom atom? Atau bom nuklir? Kalian mungkin sudah tahu bagaimana bom atom yang dijatuhkan di hiroshima, atau Tsar Bomba-nya uni soviet yang apabila meledak menghasilkan awan jamur setinggi 34000 kaki atau 10,363 km dengan diameter bola api berkilo-kilo meter dan dengan suhu yang mampu melelehkan baja sekuat apapun dan suara gemuruh ledakannya bisa sepanjang 49 menit lamanya, bom ini setara dengan 50 000 000 ton bahan peledak TNT yang diledakkan secara bersamaan. Nah antara bom nuklir dan matahari sama-sama melakukan reaksi Thermonuklir (ga usah terlalu dipikirkan apa maksudnya kalau tidak tahu) Dan reaksi yang terjadi di matahari puluhan bahkan ratusan kali lipat lebih dasyat dari pada hanya sekedar Tsar bomba, dan hal itu berlangsung setiap hari, setiap saat, dan sampai saat ini.
Bayangkan betapa besarnya malapetaka yang terjadi kalau matahari meledak sedangkan bumi hanya berjarak kurang lebih 150juta km dari matahari, kalau Tsar Bomba sudah seperti itu apalagi matahari,,,,,,,INGAT kalau Alloh berkehendak apapun pasti bisa terjadi.
Kira-kira adakah yang lebih besar lagi dari matahari?
Tentu saja ada,,, terawanglah lebih jauh lagi, menjelajah jarak dalam tahun cahaya, menembus sejauh ilmu pengetahuan manusia.
Ternyata masih ada lagi yang lebih besar daripada matahari, namanya bintang sirius, bisa dilihat perbandingan diatas. Dalam perbandingan ini kita gunakan satuan radius matahari. Radius adalah setengah dari diameter. Ingat 1 radius matahari = 695 500 kilometer (kurang lebih segitu).
Masihkah ada yang lebih besar?
Mari kita lihat terus perbandingan-perbandingan berikut ini
Ternyata masih ada bintang pollux,,,,,,
Mari kita telusuri lebih jauh,,,,,,,,,
Pada gambar diatas planet bumi sudah tidak terlihat lagi
Lalu,,,,,,,,,,,,,,
ada aldebaran, rigel dan ada juga Betelgeuse yang berukuran antara 880 sampai 1000 radius ( tinggal kalikan 695 500 km)
Sekarang mari kita lihat perbandingan ukuran VY Canis Majoris diatas. VY Canis Majoris merupakan bintang terbesar yang pernah di identifikasi oleh manusia dengan bantuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimilikinya. VY Canis Majoris memiliki ukuran antara 1800 sampai  2100 radius.
INGAT  perbandingan diatas tidak mewakili keadaan sebenarnya karena kemampuan manusia yang terbatas, mungkin antara gambar satu dengan yang lain salah dalam perbandingan besarnya atau berbeda sumber akan mengatakan ukuran yang berbeda antara bintang satu dengan bintang lainnya. Tapi intinya mereka adalah benda yang besar, sangat besar
Dan silakan dibayangkan seandainya bintang-bintang tersebut meledak layaknya Tsar Bomba, bisa?
Sekarang mari kita lihat perbandingannya dengan matahari kita ,,,,,
antara VY canis Majoris dengan matahari
VY Canis Majoris merupakan bintang terbesar yang ada di tata surya kita (milky way) yang pernah teridentifikasi oleh manusia. Perkiraan ukuran bintang ini adalah 2000 x 695 500 km = 1 391 000 000 km.
Mari kita bandingkan volumenya. Jika volume bintang ini kita isi dengan benda sebesar planet bumi maka dibutuhkan sekitar 7,000,000,000,000,000 (7×1015 atau 7 quadrillion) planet sebesar bumi.
Sekarang mari kita bandingkan dengan satuan tertentu.
Jika bumi diwakili dengan sebuah bola yang mempunyai ukuran diameter sebesar 1 Centimeter maka matahari setara dengan bola berukuran diameter 109 centimeter. Dan VY canis majoris setara dengan bola yang berukuran kurang lebih 2,3 kilometer atau 230000 centimeter
Betapa besarkah benda ini ???
TAPI,,,,,,,,,,, masih adakah bintang yang lebih besar lagi,,,???
Saya tidak berani menjawab sekarang tapi Lihat gambar dibawah ini ………………………
Setiap titik pada gambar ini semuanya adalah galaksi
Setiap galaksi berisi kurang lebih 1 triliun bintang  (1 000 000 000 000)
Setiap bintang kemungkinan memiliki sistem planet tersendiri
Dan ada lebih dari 10 000 galaksi hanya dalam foto diatas
PADAHAL ……………………………………………………………………………?
Lihatlah seberapa besar diri kita ???
Sebesar apakah beban masalah kita ???
Pantaskah kita berputus asa atas RahmatNya ???
Padahal Dialah yang menciptakan bintang gemintang beserta alam semesta raya
Dan Ia mampu memelihara SEMUANYA
Semuanya berputar beredar teratur tidak bertumbukan satu sama lain
Semuanya bersujud dan bertasbih hanya KepadaNYA
Dan lihatlah, rasakanlah bahwa ini merupakan bukti kebesaranNYA, bukti rahmatNYA yang meliputi makhluk sekecil mikroba sampai benda sebesar bintang di jagat raya
KALAU ALLOH BISA MENCIPTAKAN, MENGATUR DAN MERAWAT MEREKA SEMUA
MASIH PANTASKAH KITA BERPUTUS ASA PADANYA ???

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...