Tuesday, September 11, 2012

Paper Replika, seni merangkai kertas model 3D dan hobi unik yang sedang populer

Paper Replika, seni merangkai kertas model 3D dan hobi unik yang sedang populer saat ini dan begitu digandrungi di masyarakat. Apa itu paper replika?. Paper Replika merupakan seni merangkai kertas dengan menggunakan pola-pola tertentu dengan tingkat kerumitan yang bervariasi hingga tercipta sebuah bentuk 3 dimensi.

Bagi anda yang telah mengenal origami, tentunya akan lebih mudah untuk membuat kreasi paper replika ini sebab pada dasarnya paper replika juga memiliki unsur seni melipat kertas, hanya saja diperlukan alat-alat lain sepert lem, gunting, mesin cetak kertas atau printer dan kelengkapan lainnya. Alat-alat ini merupakan peralatan standar yang wajib anda miliki saat ingin belajar membuat sebuah bentuk model paper replika. Lalu model-model apa saja yang bisa dibentuk dengan seni paper replika ini?. Model-model yang bisa anda coba sangatlah banyak bahkan tak terbatas, dari mulai bentuk kendaraan, gedung, karaktek kartun, rumah, pesawat dan masih banyak lagi lainnya.

Terdapat beberapa proses ataupun metode yang digunakan dalam membuat model paper replika, diantaranya yaitu proses menggunting, melipat, dan mengelem kertas yang akan dibentuk menjadi model. Keliatannya mudah ya?. Jangan dulu cepat mengambil kesimpulan karena faktanya seni merangkai kertas ini menuntut kreatifitas, ketekunan serta ketelitian anda sehingga anda akan sulit membuatnya dalam waktu yang singkat. Namun jangan pernah takut untuk melakukan kesalahan pada awal-awal pembuatan karena setidaknya anda bisa mencobanya lagi dan lagi hingga anda berhasil. Nah, jika anda tertarik dengan seni paper replika ini, maka inilah beberapa langkah-langkah yang bisa anda ikuti:

Paper Replika, seni merangkai kertas model 3D - terbaru5.blogspot.com

1. Pelajari pembuatan paper replika dan cari model-model yang ingin dibuat.
Hal pertama yang mesti anda lakukan adalah mempelajarinya terlebih dahulu agar anda tau bagaimana konsep awal dari pembuatan sebuah model paper replika, kemudian mulai mencari sebuah model yang anda senangi. Anda bisa mendapatkan dari banyak sumber di internet, ada yang berbayar namun banyak juga yang gratisan. Nah, untuk mempelajarinya paper replika, anda bisa mengunjungi url ini untuk referensi: 
http://mypapercraft.blogspot.com/2011/06/cara-membuat-paper-replika.html
http://paper-replika.com/
http://www.facebook.com/paperreplika

2. Oke, setelah anda membaca beberapa referensi diatas, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan bahan-bahan untuk membuatnya. Unduh sebuah model paper replika yang nantinya akan dijadikan model, kemudian siapkan alat-alat yang diperlukan untuk proses pembuatannya. Alat-alat tersebut antara lain gunting, lem kertas, selotip, pisau cutter, penggaris, pensil dan tentu saja bahan utamanya, kertas. Untuk model yang memiliki bentuk detail, ada baiknya anda menyiapkan juga alat pemotong yang bisa memberikan hasil yang lebih maksimal dibandingkan dengan pisau dan gunting. Gunakan bahan kertas inkjet 100 atau 120 gram, jasmine 175 gram, dan sebagainya. Yang penting, jangan terlalu tebal agar lebih mudah untuk di bentuk. Dan untuk lebih lengkapnya, alat-alat tersebut bisa anda lihat di sini.

3. Nah langkah yang terakhir adalah mempraktekannya. Yang anda perlukan hanyalah tinggal mengikuti tuntunan atau instruksi dari pola-pola model paper replika yang ingin anda buat. Memang diperlukan konsentrasi serta kesabaran yang  ekstra saat membuatnya, namun justru disitulah letak tantangannya. Namanya juga seni, pastinya tidak dilakukan dengan instant dan mudah bukan?. Nah, selamat mencoba dan semoga tips sukses dalam membuat model paper replika ini bisa menghasilkan sebuah mahakarya buah tangan anda sendiri.

Paper Replika, seni merangkai kertas model 3D - terbaru5.blogspot.com
Model Paper Replika Iron Man
Paper Replika, seni merangkai kertas model 3D - terbaru5.blogspot.com
Model Paper Replika bagian tubuh Iron Man
Paper Replika, seni merangkai kertas model 3D - terbaru5.blogspot.com
Model Paper Replika Kendaraan Truk


(red: terbaru5 dari berbagai sumber di internet, sidomi.com, wikipedia)

No comments:

Post a Comment