Sabtu, 01 September 2012

Tentang Penyakit Alzheimer

Ternyata, istilah kesehatan terkadang sulit dipahami, banyak yang menggunakan istilah ilmiah. Alzheimer misalnya, ternyata adalah sejenis penyakit yang paling ditakuti. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan Alzheimer adalah penyebab keempat kematian di negara dengan pendapatan tinggi karena meningkatkan populasi penuaan di seluruh dunia. 

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti karena membuat seseorang lupa akan dirinya sendiri akibat kehilangan memori. 

Saya kutip dari wikipedia, Alzheimer bukan penyakit menular, melainkan merupakan sejenis sindrom dengan apoptosis sel-sel otak pada saat yang hampir bersamaan, sehingga otak tampak mengerut dan mengecil. Alzheimer juga dikatakan sebagai penyakit yang sinonim dengan orang tua. Penyakit Alzheimer paling sering ditemukan pada orang tua berusia sekitar 65 tahun ke atas. Di negara maju seperti Amerika Serikat saat ini ditemukan lebih dari 4 juta orang usia lanjut penderita penyakit Alzheimer. Angka ini diperkirakan akan meningkat sampai hampir 4 kali di tahun 2050. Hal tersebut berkaitan dengan lebih tingginya harapan hidup pada masyarakat di negara maju, sehingga populasi penduduk lanjut usia juga bertambah. 

Ternyata sangat menakutkan, bukan?. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa membaca di wikipedia atau referensi lain di google.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...