Senin, 10 September 2012

Robot Menjadi Guru Bahasa Inggris di Korea Selatan


Pakar teknologi di seluruh dunia terus melakukan inovasi dalam membuat robot. Jika sebelumnya sebuah restoran di Cina menggunakan jasa robot sebagai pelayannya, kali ini robot dipekerjakan sebagai guru di sebuah sekolah dasar di Korea Selatan.

Pada hari selasa kemarin (29/12), pejabat dari departemen pendidikan Korea Selatan mengungkapkan bahwa hampir sekitar 30 robot telah mulai mengajari pelajaran Bahasa Inggris kepada siswa sekolah dasar. Proyek ini didesain dalam rangka membina kelahiran perusahaan-perusahaan robot di sana.
Engkey, robot yang berbentuk seperti telur dan berwarna putih dikembangkan oleh Institut Sains dan Teknologi Korea (KIST), mulai mengajar di 21 sekolah dasar di sebelah tenggara kota Daegu.

29 robot dengan tinggi 1 meter dilengkapi dengan sebuah panel TV di atas sebagai wajah, berjalan mengelilingi kelas sambil berbicara kepada para murid. Tidak hanya itu, mereka juga membaca dan berdansa mendengarkan musik dengan menggerakkan kepala dan tangan mereka.

Wajah yang ditampilkan dalam panel display robot tersebut adalah gambar wajah seorang wanita. Robot ini dikontrol oleh guru Bahasa Inggris di Filipina. Mereka dapat melihat dan mendengar suara murid lewat sistem remote control.
Camera yang dipasang dapat mendeteksi ekspresi wajah dari guru tersebut dan secara instant di refleksikan kedalam wajah avatar yang ada di robot itu.
Kim Mi Young, seorang pejabat di kantor pendidikan kota Daegu mengungkapkan kegembiraannya terhadap cara baru ini. Ia mengungkapkan bahwa metode ini dapat menarik anak-anak untuk belajar.

"Anak-anak sangat menyukainya karena robotnya terlihat sangat lucu dan menarik. Namun beberapa orang dewasa juga memberikan respon yang sama dengan mengatakan bahwa mereka merasa lebih bebas jika berbicara dengan robot dibandingkan dengan guru yang asli." ungkap Kim Mi Young.


sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...