Rabu, 12 September 2012

Pengertian WWW Yang Sering Anda lihat di URL Situs


Pengertian WWW Yang Sering Anda lihat di URL Situs - Pengertian www sebenarnya dapat kita ambil dari terjemahan kata www yaitu “world wide web” yang berarti jaringan dunia raya. Web merupakan sistem pengiriman dokumen tersebar yang berjalan di internet. Sehingga tak heran jika kata www selalu dikaitkan dan sangat identik dengan internet dan apakah anda yakin semua pengguna internet tahu maksud www?
Sebelum membahas mengenai pengertian www, kita menegok dahulu mengenai sejarah www. Www adalah sebuah program yang ditemukan tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya dia hanya mengembangkan suatu sisitem untuk keperluan pribadinya yaitu untuk mentusun arsip-arsip risetnya dan www mendapat perhatian publik yang tidak dapat disamakan dengan aplikasi internet lainnya. Sekitar tahun 1995, www menggantikan FTP sebagai aplikasi internet yang bertanggung jawab atas lalu lintas dalam internet.
Pengertian www (world wide web) adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang biasa disebut Uniform Resource Identifier untuk mengidentifikasi sumber-sumber yang berguna. Jadi, www itu bukan internet melainkan bagian dari internet.
pengertian www
Gambar ilustrasi www
Selain itu, ada pendapat yang mengatakan pengertian www merupakan salah satu fasilitas di internet yang menawarkan berbagai kecanggihan dan kemudahan. Dokumen di www menjadi suatu dokumen yang disusun denga format HTML atau Hiper Text Markup Language dan untuk mengakses dokumen tersebut, anda sebagai pengguna harus mamakai program aplikasi yang sering disebut dengan www browser.
Beralih dari pengertian www, sebenarnya untuk apa www itu diciptakan? Toh ketika kita mengakses suatu situs, misalnya google tanpa diberi embel-embel www pun kita dapat mengakses situs itu. Ternyata www diciptakan dengan tujuan untuk menyediakan suatu bentuk penyediaan informasi di internet yang memungkinkan anda sebagai pengguna internet mendapat informasi serta menampilkan informasi dimana saja di internet secara cepa dan mudah. Sedangkan fungsi dari www itu sendiri adalah menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan secara bersama.
Ternyata www dengan internet itu tidak sama ya? Itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian www. Semoga dapat bermanfaat dan membantu menambah pengetahuan anda mengenai www.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...