Minggu, 09 September 2012

Kepala Raksasa Muncul dari Guanara Bay!



Kepala Raksasa Muncul dari Guanara Bay! - Setelah London sukses menjadi tuan rumah Olimpiade 2012, giliran Rio de Janeiro bersiap menjadi tuan rumah Olimpiade 2016. Sebagai persiapan, kota ini sudah merancang landmark dan penataan kota yang dramatik dengan penuh proyek seni inovatif.

Brasil akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2016, ajang kompetisi olahraga terbesar di Bumi. Sebagai bentuk persiapannya, dalam beberapa pekan ke depan wisatawan yang datang ke Kota Rio de Janiero akan disuguhkan sisi artistik lain dari kota metropolis Brazil yang terkenal ini. Inilah proyek OiR, yang memperlihatkan karya seniman dari seluruh dunia dengan kota sebagai kanvas raksasanya.

Enam buah kreasi seni telah ditempatkan di beberapa tempat. Namun, yang paling mencolok adalah sebuah patung besar yang muncul dari dalam Guanabara Bay.

Bertempat di lepas pantai, patung kepala raksasa setinggi 12 meter ini memberikan kesan tertentu kepada kota ini, ditambah dengan pemandangan Gunung Sugar Loaf sebagai latarnya. Proyek seni karya seniman asal Spanyol, Jaume Plensa, ini diberi judul Awilda.

Nama lain yang ikut dalam proyek ini, adalah musisi Inggris Brian Eno. Dia membuat 77 lukisan audiovisual yang menggabungkan efek cahaya, warna, dan irama. Proyek ini rencananya akan ditempatkan di Kota Arcos de Lapa, Brasil.

Di tempat lain, sebuah labirin raksasa dari kaca diproduksi oleh seniman minimalis asal Amerika, yaitu Robert Morris. Karyanya akan ditempatkan di pusat Kota Cinelandia, Brasil. Bagian lain dari Rio yang akan menjadi arena pajang karya-karya cantik ini, adalah Zona Portuaria atau area Pelabuhan Arpoador yang terletak di antara Copacabana dan Ipanema, dan daerah di utara Madureira.

Kurator proyek berharap karya seni yang dipamerkan mampu menarik wisatawan ke kota yang telah dikenal dengan pantai, kehidupan malam, dan patung raksasa Christ The Redeemir di puncak bukit Corcovado.

“Tantangan seni kontemporer adalah bagaimana memikat para pengunjung," kata Marcello Dantas, salah seorang seniman, seperti dikutip dari Dailymail, Jumat (7/9/2012). “Bagaimana caranya melakukan itu? Dengan membawa karya-karya dalam ukuran besar ke ruang publik," ujarnya.

Karya-karya apik tersebut akan dipajang hingga 2 November 2012. Selanjutnya, karya-karya seni lainnya akan terus dipamerkan secara bergantian hingga 2016.

sumber: http://forum.viva.co.id/internasional/511528-kepala-raksasa-muncul-dari-guanara-bay.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...