Monday, September 17, 2012

Ada Kacamata Tembus Pandang

kini bukan Cuma khayalan. Advance Technologie Centre, sebuah laboratorium riset dari perusahaan BAE system di Inggris telah mengembangkan kacamata tembus pandang yang memanfaatkan teknologi spectrum kecil gelombang radio, yaitu gelombang Terahertz.

Jika anda pernah menonton film fiksi ilmiah Totall Recall, seperti itulah cara kerja kacamata tembus pandang ini. Buat mereka yang berpikiran kotor alias cabul akan senang sekali jika memiliki kacamata tembus pandang ini.

Apalagi ketika berlibur ke pantai, memandangi gadis-gadis cantik sambil mengenakan kacamata canggih ini. Gadis-gadis itu tidak sadar kalau sedang diintip. Tetapi percayalah kacamata ini diciptakan bukan untuk para pemilik pikiran kotor alias *****.

Kacamata tembus pandang ini meskipun menggunakan gelombang radio dijamin aman di mata pemakainya. Gelombang Terahertz berada pada frekuensi antara gelombang mikro radar dan gelombang inframerah. Berada pada frekuensi 1 juta megahertz, tidak terlihat dan tidak mengganggu mata. Daya jangkau tembusnya yang lebih besar dari sinar X, membuat gelombang terahertz mampu mendeteksi benda pada jarak jauh yang disembunyikan di balik baju atau bungkusan.

Teknologi ini nantinya tak hanya berguna untuk senjata antiteroris, mendeteksi senjata api, bahan peledak, hingga bahan kimia berbahaya. Tetapi bisa juga diaplikasikan untuk bidang kedokteran seperti untuk mendeteksi kanker kulit, deteksi dini kerusakan gigi, dan juga mengendus peradangan narkotika. Selanjutnya teknologi terahertz ini bisa juga diaplikasikan di bidang astronomi untuk meneliti kandungan kimia di Nebula dan Atmosfir planet.








4 comments: