Minggu, 25 November 2012

Tips membuat ponsel Android anda menjadi WEBCAM KOMPUTER



Pasti anda semua sudah mengenal tentang SKYPE,Yahoo Messenger atau Bahkan Facebook Video Call dan pasti banyak diantara anda yang sudah mencobanya.  Kali ini Saya akan memberikan tips bagaimana membuat Android anda menjadi Perangkat webcam bagi Komputer anda,tips ini sangat berguna bagi anda yang mempunyai komputer tetapi tidak tersedia fasilitas Webcam.

Langkah pertama untuk memulainya anda perlu mendownload 2 aplikasi yang bernama SmartCam. Untuk ponsel Android,anda bisa mendapatkan nya   DISINI dan aplikasi yang anda perlu Install pada komputer anda bisa Download Disini




Smartcam adalah aplikasi yang dapat membantu Anda memanfaatkan kamera ponsel pintar Anda dengan desktop Anda. Anda akan hanya membutuhkan koneksi wifi atau konektivitas Bluetooth pada desktop Anda agar dapat menggunakan aplikasi yang bernama SmartCam ini.

Langkah pertama  yang  Anda perlu lakukan adalah untuk menginstall Smartcam untuk Android  pada ponsel Android anda dan kemudian Install Smartcam untuk PC pada komputer anda , setelah semua anda Install dengan benar, kemudian hubungkan ponsel anda dengan PC melalui jaringan Wifi atau Bluetooth 

Kadang-kadang ,biasa nya anda mengatur jaringan wifi anda  untuk secara otomatis terhubung ke jaringan wifi yang terdeteksi maka mungkin anda akan terhubung wifi dari sumber lain. jadi pastikan Anda sudah memeriksa untuk memastikan Anda berada pada koneksi WiFi yang tepat atau port yang sama antara ponsel android anda dan PC anda. Setelah Anda menseting dengan benar jaringan yang anda akan pakai kemudian pilihlah  TCP / IP (WiFi) sebagai jenis koneksi Anda, masukkan dalam alamat IP lokal komputer desktop Anda sebagai Remote Server.

Alamat IP
Mungkin bagi anda yang tidak mengetahui alamat IP komputer anda pasti bingung bagaimana cara mendapatkan alamat IP komputer anda ,bagi yang sudah tahu,pasti tidak akan mengalami kesulitan dalam memasukkan nya ke dalam Smartcam. Bagi yang belum tahu bagaimana cara mendapatkan nomer IP anda,saya akan berbagi tips nya
  1. Anda dapat menemukan alamat IP desktop Anda melalui perintah Windows Anda cepat menggunakan perintah ipconfig.
  2. Cara termudah untuk sampai ke command prompt Anda adalah pergi ke bar awal Anda dan kemudian klik perintah RUN. 
  3. Dalam kotak yang tersedia,anda ketik perkataan "cmd" dan tekan enter. 
  4.  Pada jenis kursor perintah "ipconfig / all" dan kemudian tekan enter. Ini akan menampilkan semua informasi jaringan lokal Anda dari adapter jaringan Anda.

Mungkin ada beberapa blok informasi dari adapter jaringan Anda, seperti Bluetooth dan Ethernet. Tapi anda cari blok dengan header "Wireless LAN adapter Wi-Fi". Ini adalah adaptor untuk koneksi nirkabel Anda. 

Hal pertama yang harus dicari adalah konfirmasi bahwa Anda berada di jaringan yang sama dengan ponsel pintar Anda. Hal ini ditemukan melalui "Connection-spesifik DNS Sufiks" line, yang harus menunjukkan nama jaringan nirkabel pribadi Anda. Anda dapat menemukan alamat IP Anda pada "Alamat IPv4" line. Ini nomor IP kemungkinan besar akan mulai dengan nomor 192,168 dan kemudian diikuti oleh dua set lebih angka di belang nya.
Selanjutnya,  kembali ke ponsel pintar Anda dan menyalakan aplikasi SmartCam. Pilih Koneksi WiFi dari menu dan setelah beberapa detik gambar dari kamera ponsel pintar Anda akan muncul pada aplikasi SmartCam desktop Anda.
Setelah terhubung, Anda dapat memilih untuk melakukan Streaming baik gambar atau menyimpan gambar ke file video.

 sekian tips dari saya ,kalau ada pertanyaan, silahkan tinggalkan dalam kotak komentar 
Selamat!



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...