Sabtu, 17 November 2012

10 Cara Memanfaatkan Internet

Internet mempunyai banyak manfaat dan dampak buruk internet tidak kalah banyaknya, contoh diantara manfaat akses internet bagi para perawat mereka dapat memperoleh banyak ilmu-ilmu perawatan dan bagaimana menjalin hubungan dengan manusia. Bagi para pelajar mereka dapat belajar gratis online (lewat internet) karena banyak orang berbaik hati mau sharing dan berbagi ilmu yang mereka miliki lewat blog/forum.

Tidak ketinggalan para pe-bisnis online Indonesia mereka berusaha menggunakan internet untuk menghasilkan uang dan menambah penghasilan lewat internet dan para blogger tentunya tau cara mendapatkan uang dari blog. Lalu bagaimana cara memanfaatkan internet dengan baik bagi pebisnis online ?Berikut 10 tips memanfaatkan internet dengan baik berikut dapat menjadi inspirasi bisnis Anda:

1. Mendapatkan wawasan secara real time dari Internet
Dengan adanya teknologi internet anda dapat belajar secara langsung (real time) bahkan anda dapat belajar online walaupun tidak bertatap muka secara langsung. Bagi mereka yang sedang belajar bisnis online dapat langsung menggunakan metode teleconference bukan? sehingga tempat tidak lagi menjadi penghalang baik bagi mereka yang belajar bisnis online maupun mereka yang memberikan kursus online. Apalagi kalau kursus online tersebut gratis, pasti banyak peminatnya.
2. Bisnis Online Indonesia Merupakan Bisnis Tanpa Batas
Bisnis online mendobrak keterbatasan bisnis offline, seperti lokasi, bahasa dan teknologi. Apalagi teknologi komputer awan (Cloud Computing) memberikan kepada kita akses dari mana saja selama bisa koneksi internet.
3. Informasi Kunci Keberhasilan Bisnis Online
Era teknologi internet atau teknologi informasi sekarang ini, mereka yang mendapatkan informasi terlebih dahulu dan memanfaatkan informasi yang didapatkan akan memperoleh keuntungan lebih dibandingkan mereka yang terlambat memperoleh informasi. Perusahaan bisnis internet pun juga menggunakan informasi-informasi yang berkaitan dengan data pelanggan mereka. Maka banyak penjualan-penjualan data dengan harga mahal di internet, karena pengetahuan informasi salah satu faktor keberhasilan bisnis online. Apalagi kalau Anda terjun di bisnis online iklan.
4. Butuh Lokasi Perdagangan?
Anda dapat menjalankan bisnis dari mana saja, ini artinya lokasi berjualan tidak lagi penting untuk dicari karena Anda menggunakan toko virtual yang Anda pajang di Internet. Toko virtual internet dapat mengurangi biaya sewa toko offline bukan?
5. Beri pelanggan apa yang mereka mau
Berkomunikasi kepada pelanggan tentang layanan bisnis online Anda. Misalkan Anda berbisnis hosting, maka hendaknya selain membagi layanan dari shared hosting, virtual hosting, dedikated hosting. Anda juga membagi-bagi lagi diantara ketiga layanan hosting ke sub-sub bagian sehingga pelanggan shared hosting yang ingin upgrade layanan ke layanan virtual hosting mendapatkan fasilitas yang mereka inginkan.
6. Menggunaka situs jejaring sosial
Gunakan situs jejaring sosial untuk menangkap prospek pelanggan bisnis online Anda. Tidak bisa dipungkiri bahwa orang-orang muda indonesia suka bersosialisasi lewat situs-situs jejaring sosial. Manfaatkan momentum ini untuk menjaring konsumen bisnis Anda.
7. Hilangnya departemen IT
Dengan semakin mudahnya mencari calon pegawai, pada suatu saat nanti bisa saja perusahaan online menghilangkan departemen IT. Untuk menghadapi hal terburuk diputus dari kontrak kerja alias di PHK, hendaknya pekerja IT membangun brand diri mereka sendiri dan menjadi freelance/pekerja lepas agar tidak tergantung ke perusahaan Anda sekarang.
8. Mobilitas mengganti peran utama PC
Pengguna internet menginginkan produk/jasa yang dapat mereka akses dari mana saja, terutama yang bisa mereka gunakan menggunakan gadget mobile mereka. Pebisnis online hendaknya mengamati dan mengikuti tren pengguna internet agar pelanggan mereka tidak lari ke perusahaan online yang mengadopsi teknologi mobile terlebih dahulu.
9. Teknologi untuk kesejahteraan manusia
Teknologi diciptakan untuk mensejahterakan manusia, begitupun dengan teknologi informasi atau internet hendaknya kita manfaatkan internet dengan baik dan berbisnis dengan cara-cara yang baik yang memberikan manfaat untuk banyak orang.
10. Tawakkal
Setelah kita berusaha mengembangkan dan membesarkan bisnis online kita, saatnya kita berkomunikasi dengan sang maha segalanya. Mengatakan bahwa kita telah melakukan segala upaya kemampuan kita untuk menghasilkan uang lewat internet. Menyerahkan hal terbaik bagi kita, karena yang baik menurut kita belum tentu baik menurut Dia, begitupun yang kita anggap buruk bisa jadi itu hal terbaik menurut Dia.
Ikhlas menerima segala ketentuan akhir dari usaha kita. Ikhlas bukan berarti menyerah, tetapi berusaha semaksimal mungkin dalam kapasitas kita sebagai manusia untuk bisnis online penghasil uang .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...