Kamis, 15 November 2012

Pengertian Grafik Gambar Vector Dan Bitmap

Pengertian Grafik Gambar Vector Dan Bitmap
Info Terbaru - Pengertian Grafik Gambar Vector Dan Bitmap - dalam membuat suatu desain grafis, ada dua cara grafik gambar yang digunakan yaitu dengan menggunakan vector dan bitmap.
Dalam dua macam grafik gambar ini akan menampilkan output (keluaran) berupa grafis yang dapat dilihat dalam monitor.
Lalu, apa pengertian dari gambar atau metode Vector?

1.Gambar Vector
pengertian grafik gambar vector - Metode vector adalah cara yang digunakan dalam desain grafis yang menggunakan objek geometris dan perhitungan yang sistematis.
Dalam metode ini gambar merupakan sekumpulan titik yang mempunyai koordinat yang saling terhubung dengan garis atau kurva dengan rumus tertentu.
Dalam gambar atau grafis vector, meskipun gambar diperbesar tidak akan mengurangi ketajaman ibjek pada ukran normalnya sebelum perubahan dilakukan.
Kelemahan dari gambar vector adalah joka membuat sebiah gambar dengan suatu warna maka gradasi yang dihasilkan tidaklah sempurna.
Contoh software atau program berbasis vector adalah Macromedia Freehand, Adobe Ilustrator, CorelDRAW, dll.

2.Gambar Bitmap
Pengertian grafik gambar bitmap - Metode Bitmap atau Raster adalah cara yang digunakan adalah menampilkan gambar dalam bentuk kumpulan titik-titik atau sekumpulan ktak kecil atau kita biasanya menyebutnya dengan pixel atau picture element.
Dalam pembuatan ganbar bitmap, gambar akan terlihat bagus jika berdasarkan ukuran tertentu, jika pixel-pixel yang menyusun gambar tersebut rapat antara yang satu dengan yang lainnya.
Kelemahan gambar bitmap adalah jika gambar diperbesar melebihi batas yang ditentukan maka gambar akan pecah.
Sifat grafis bitmaf sangat tergantung pada kerapatan pixel yang menyusunnya.
Jika kita mengenal bitmap maka resolusi adalah hal yang perlu di ketahui.
Apa itu resolusi? resolusi adlah perbandingan anatara jumlah pixel per satuan luas. reslusi dihitung dalam sauan dpi atau doth per inch.
Kelemahan gambar bitmap adalah sifat gambar raster bergantung pada resolusi, hal ini menyebabkan gambar yang ber resolusi rendah akan sulit diubah menjadi gambar yang ber resolusi tinggi, tetapi akan sebaliknya jika kita mengubah gambar yang ber resolusi tinggi menjadi gambar yang ber resolusi rendah.

Diatas telah dijelaskan pengertian grafik gambar vector dan grafik gambar bitmap, namun rasanya tidak lengkap jika kita belum mempraktekkannya, jadi silahkan lihat perbedaannya dengan praktek.
Semoga artikel diatas dapat dipahami dan selamat belajar desain grafis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...