Wednesday, November 14, 2012

Sistem Pernapasan Pada Manusia

Info Terbaru - Sistem Pernapasan Pada Manusia - manusia di bumi ini agar dapat bertahan hidup maka diantaranya harus bernapas, tidak hanya manusia tetapi semua makhluk hidup liannya juga memiliki ciri yaitu memerlukan pernapasan selain daripada makan,berkembangbiak, tumbuh dll .
tentunya sudah banyak yang tahu apa itu pernapasan.
sebelum kita mengetahui pernapasan pada manusia mari kita ketahui definisi dari sistem pernapasan dibawah ini.
Sistem pernapasan pada manusia merupakan alat-alat pernapasan yang digunakan beserta proses pernapasan yang dilakukan oleh manusia.
Apa itu pernapasan? pernapasan adalah kegiatan menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksia.
Oksigen adalah gas yang dihirup dan dibutuhkan tubuh pada saat ketika bernapas. Menurut Parker (2000), yang pertama kali memberi nama oksigen adalah seorang ahli kimia Prancis yang bernama Antoine Lavoisier pada tahun 1777 M. Oksigen berasal dari bahasa Yunani yang berarti pembuat asam.
pernapasan akan berlangsung secara otomatis selama kita masih hidup.
Sistem pernapasan pada manusia - Tujuan dari pernapasan adalah menghirup oksigen untuk proses pembakaran sari-sari makanan yang bertujuan untuk menghasilkan energi dan kegiatan ini berlangsung di dalam sel tubuh manusia.
Dibawah ini adalah reaksi pembakaran zat makanan.

Zat makanan + Oksigen ------> Karbondioksida + Air + Tenaga

Dalam bernafas tentunya diperlukan alat yang dapat menunjang agar proses penghirupan maupun penghembusan berjalan dengan baik, dan benar.
alat tersebut terdiri atas hidung, pangkal tenggorokan, batang tenggorokan, cabang tenggorokan, anak cabang tenggorokan, dan paru-paru.

Nah sekian artikel kali ini yang membahas tentang sistem pernapasan pada manusia, yang sebenarnya mempunyai penjelasan yang panjang jika dijelaskan secara rinci disini, maka dari itu artikel selanjutnya masih akan membahas tentang sistem pernapasan pada manusia, tetap semangat dan selamt belajar.
Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya yang dapat menambah pengetahuan anda di terbaru5.blogspot.com

No comments:

Post a Comment