Friday, November 23, 2012

Tips dan trik mudah untuk seo terbaru

Untuk kali ini saya mau berbagi tips dan trik mudah utk seo pemula agar blog atau website kita terindex oleh google. smoga bermanfaat

Tips SEO untuk Blog/website terBaru - Dari banyak survei yang ada, banyak blogger yang saat ini beralih dari lifestyle blogger (blogger untuk menulis) dan mulai banyak untuk menerjunkan blognya ke dunia bisnis. Dalam artian 'bisnis' mungkin maksudnya adalah dengan banyak menembak keyword untuk memperbanyak visitor.

Gak ada yang salah kok sebenarnya, lumrah-lumrah saja. Nah dari menembak keyword tersebut pasti memerlukan SEO bukan sebagai jembatan untuk meraih pengunjung yang banyak? Nah mungkin Tips SEO untuk Blog Baru ini dapat membantu Anda.

Sebelumnya saya ingin katakan bahwa saya disini bukan master ataupun ahli dalam SEO, saya cuma seorang praktisi SEO yang mencoba dan memposting hal-hal tentang SEO berdasarkan pengalaman yang pernah saya coba. Jadi, jangan katakan bahwa SEO itu hanya berdasar pada satu atau dua sumber saja. SEO itu luas dan masih menjadi misteri hingga sekarang, hanya pengalaman saja yang dapat menjawabnya.

Tips SEO

Yaps kembali ke laptop ya kawan. Saya juga pernah kok membuat blog baru sebagai kepentingan bisnis dengan menembak keyword, dan alhamdulillah masih bertahan hingga sekarang. Perlu diingat, tips SEO yang akan dibahas disini bukanlah tips bagaimana cara untuk menembak keyword agar artikel Anda langsung di pejwan, tapi hanya memberikan tips untuk blog baru agar lekas diindex dan cepat dipercaya mbah google.

Tips SEO untuk Blog Baru Versi DAW-XP

Mungkin gak usah banyak celoteh kali ya, kita langsung saja dengan penjelasan di bawah ini:

1. Tentukan Judul dan URL Blog yang Unik dan Singkat
Setelah menentukan niche pada blog Anda, usahakan judul dan url blog Anda dibuat secara unik dan singkat. Maksud dari 'unik' ini adalah membuat berbeda dari judul maupun url blog yang lain agar blog Anda cepat terindex oleh Google. Selain itu, dari url dan blog yang unik ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan sitelink dari google dengan cepat. Sedangkan 'singkat' yang dimaksud adalah membuat url dan judul blog Anda yang mudah diingat. Minimal 2-3 kata cukup lah. Oh ya sekedar catatan, mungkin untuk judul dan blog yang 'unik' saya maksud adalah untuk blog yang niche gado-gado. Jika Anda ingin membuat niche khusus, minimal masukkan 1 kata kunci dalam url dan judul blog Anda agar mempunyai nilai lebih pada hasil SERP blog Anda nantinya. Hal ini karena bagi yang menembak keyword dengan niche yang spesifik tentu lebih mudah dan dimulai dari keyword on domain dan title tag. Namun jika blog dengan niche campuran Anda bisa saja membuat keyword bentuk lain yang tidak perlu Anda masukkan keyword khusus dala url dan judul blog Anda karena keyword yang Anda tembak berbeda-beda, setidaknya url dan judul blog Anda melambangkan apa yang akan dibahas pada blog Anda tersebut.

2. Biarkan Blog Anda Rehat Minimal 1 Minggu Setelah Dibuat
Hal ini berlaku bagi Anda yang ingin cepat menanamkan backlink cepat dalam blognya. Ya, maksudnya membiarkan rehat minimal selama 1 minggu adalah untuk menunggu blog Anda crawl terlebih dahulu untuk segera diindex oleh mbah Google nantinya. Jika tidak begini mungkin jika Anda langsung membuat artikel dan langsung menanamkan backlink pada artikel tersebut mungkin dikira Google blog Anda merupakan blog spam yang secara tidak langsung dianggap 'boom link'.

Selama masa rehat tersebut Anda dapat mempersiapkan postingan Anda untuk nantinya diposting dan juga menanamkan backlink sedikit demi sedikit pada url homepage blog Anda agar lebih cepat diindex nantinya. Barulah jika dirasa blog Anda di index google dengan cara mengetik di google "site:url blog Anda" tanpa tanda kutip, barulah Anda membuat posting rutin setiap harinya dan Anda tanam backlink sedikit demi sedikit secara rutin pula.

Jika Anda mempunyai blog yang sudah lama hingga bertahun-tahun namun tidak diurus ataupun blognya pernah dibuat lama namun belum dibuat posting atau postingnya masih acak-acakkan atau amburadul, Anda bisa menjadikan blog tersebut sebagai blog Anda dan update postingan (sunting) Anda menjadi lebih bagus lagi. Ingat, jangan dihapus ya, nanti malah menimbulkan broken link. Untuk yang satu ini saya belum pernah coba, namun menurut riset yang ada umur domain berpengaruh lho pada index google. Ya, Anda pikir saja, jika blog Anda yang lama sudah tak terurus itu pernah diindex google, berarti mudah saja bukan untuk mengoptimasinya kembali? Untuk itu, update postingannya saja, dan kalau perlu update judul blognya saja, jangan url blognya karena nanti sama aja kayak buat blog baru. Dalam catatan, tips ini berlaku jika blog tersebut belum/dalam keadaan deindex (hilang dari pencarian) google.

optimasi artikel

3. Ping Blog dan Tanamkan Backlink Rutin Pada Postingan Anda
Setelah dua tips di atas telah Anda lakukan, saatnya lah membuat postingan yang rutin secara original. Dalam artian tidak copy paste dan merupakan hasil karya Anda sendiri. Karena saat ini google dalam algoritma nya EMD memperhatikan segala macam keyword dan artikel yang berkualitas. Sampai saat ini, untuk mengetahui artikel yang berkualitas itu bagaimana, saya hanya mengambil patokan dari quality guidelines. Lalu, Anda ping Blog Anda tiap kali punya posting dan tanamkan backlink pada postingan Anda minimal satu hari setelah dipublish. Lho kenapa harus menunggu satu hari? Ya, kita kembali seperti poin nomor 2 tadi, yaitu menunggu index google terlebih dahulu sampai postingan benar-benar diindex. Yah walaupun terkadang untuk blog baru butuh hingga 3-5 hari baru diindex google postingannya, tapi gak ada salahnya menurut saya selama ini menanamkan backlink sedikit demi sedikit ke artikel blognya secara rutin, nanti makin banyak posting maka index semakin cepat kok.

Sedikit tips untuk artikel Anda, jangan gunakan banyak keyword stuffing, hidden link, dan farm link (link yang merujuk ke banyak postingan tetapi anchor tidak sesuai dengan apa yang dibahas), dan blackhat lainnya. Keyword stuffing adalah penanaman keyword secara berlebihan dalam artikel Anda. Lha terus bagaimana cara ngitung keywordnya? Mungkin bisa diambil dari keyword density sekitar 2-3%. Anda bisa menggunakan keyword density checker otomatis di google. Untuk hidden link, mungkin sampai saat ini saya belum pernah menemukan teman-teman yang artikelnya diblacklist oleh google karena hidden link ini. Tapi jangan pernah beranggapan gak punya dampak negatif, pasti ada kok, toh karena hidden link ini masuk dalam webmaster guidelines. Jadi berhati-hati saja :)

4. Review Blog Anda! (Guest Posts)
Jika semua sudah terpenuhi, di tengah-tengah riset Anda mencari dan menembak keyword, jangan lupa perhatikan homepage blog Anda sebagai otak dari blog Anda. Jangan pikir, banyak backlink pada postingan bisa cepat juga terindex google. Backlink pada homepage juga penting (backlink masih dibutuhkan? klik disini untuk penjelasan), bahkan yang utama sebelumnya sebelum mencari backlink lain. Saya pernah bertanya pada master Gentara Lukas pemilik gen22.net yang memang master pada setiap keyword abadi, beliau mengatakan backlink utama adalah backlink pada homepage, barulah kita mencari backlink pada postingan.

Logikanya gini, anggap saja homepage blog itu adalah tiang rumah kita, dan backlink postingan kita adalah furniturenya. Jika backlink homepage atau tiang pada rumah kita saja rapuh, bagaimana menahan segala furniture rumahnya? Saya pikir benar sekali kata beliau, karena backlink homepage adalah yang utama. Sudah saya bahas awalnya pada poin nomor 2 di atas.

Untuk tips mencari backlink pada homepage blog Anda jalan yang sering dan paling utama saya gunakan adalah review blog. Maksudnya adalah dengan menanamkan backlink pada homepage blog dengan membuat artikel pada blog lain yang linknya mengarah pada homepage blog Anda. Jika tidak ingin ribet, sewa dan beli saja postingan untuk dipasang di blog orang lain untuk mencari backlink. Selain itu juga Anda bisa membuat artikel yang mereview tentang blog baru Anda lalu dipublikasikan pada blog yang mencari artikel original dengan tema bebas termasuk review blog. Usahakan blog yang menjadi tempat Anda review mempunyai PR tinggi minimal PR 1, namun PR di bawahnya juga boleh asalkan Anda jangan coba-coba untuk memberi timbal balik ke blog tersebut. Lah maksudnya tukar link? Hampir mirip, cuman ini dalam bentuk postingan. Cara ini merupakan cara utama saya dalam pencarian backlink berkualitas agar blog Anda mulai dilirik dan dianggap sebagai blog yang baik untuk blog orang lain sehingga ditempatkan google dalam posisi yang bagus di SERP.

Jika Anda mempunyai blog yang lain dan masih bagus maka jangan sia-siakanlah blog Anda tersebut. Anda bisa me-review blog Anda dari blog Anda yang lain dengan keyword yang lebih spesifik lagi, namun bukan dalam artian sama. Artinya lebih spesifik dari yang sebelumnya. Misalnya keyword yang ditembak adalah gemscool, maka buatlah review keyword spesifik dari blog lain mengarah ke blog Anda misalnya cara mendaftar gemscool, gemscool point blank indonesia, gemscool lost saga indonesia, forum gemscool indonesia, dll. Namun jangan lupa untuk menulisnya dalam artikel yang original dan tulisan Anda sendiri. Hal ini berguna agar blog Anda tersebut dirasa bermanfaat bagi orang lain karena link yang kita tanam dari blog kita yang satu ke blog baru Anda sehingga memungkinkan blog Anda akan bagus di mata google.

5. Jangan Memberikan Timbal Balik Link ke Blog Orang Lain
Sudah saya singgung dalam poin 4 tadi bahwa jangan melakukan tukar link atau memberikan link ke luar selain ke blog yang tidak authority. Authority adalah maksudnya blog atau web yang baik dan telah dipercaya oleh google (web yang besar) seperti wikipedia, google, dll. Mengapa seperti itu? Mengapa hanya boleh ke blog/web yang authority saja? Logikanya gini, jika backlink homepage atau tiang rumah kita yang jadi penyangganya saja masih baru atau rapuh bahkan tidak ada bagaimana memberikannya ke orang lain? Dalam hal ini backlink pada blog kita saja masih tidak ada kita malah memberikannya ke blog orang lain. Google pasti akan melihat blog kita sebagai blog yang dianggap spam juga. Nah kenapa harus beri link ke yang authority saja? Sebenarnya ini opsional, terserah mau Anda beri atau tidak asal jangan berlebihan. Alasannya karena blog authority yang merupakan web-web besar seperti wikipedia dan google pada umumnya mempunyai hasil yang bagus di mata robot google dan dianggap mempunyai pengaruh yang besar. Dalam hal ini jika kita memberi link atau rujukan dalam postingan ke web besar seperti wikipedia tadi, maka tak apa karena artinya kita memberikan ilmu pengetahuan yang lebih lagi kepada pengunjung ke web-web besar yang kita beri rujukan link tadi.

6. Gunakan Social Media sebagai Penunjang Untuk Promosi (SMO)
Saat ini sosial media sering dikaitkan dengan SEO, khususnya pada twitter dan google plus. Saat kita menampilkan url blog kita pada socialmedia seperti twitter dan google plus tadi, maka google akan mempertimbangkan link kita sebagai link rujukan yang memang bermanfaat dan datang dari situs besar seperti twitter dan google plus itu tadi, sehingga hasil pencarian blog Anda lebih bagus di mata google. Tidak hanya menggunakan profil social media sebagai penunjang seo Anda, namun juga faktor share lainnya seperti tombol +1 yang banyak info mengatakan bahwa semakin banyak +1 dari pengunjung maka artikel Anda semakin dianggap bermanfaat oleh Google, oleh karena itu social media juga berpengaruh pada seo Anda.

Selain optimasi seo pada blog Anda, social media juga bisa Anda gunakan untuk menarik pengunjung tetap dan membuat kredibilitas tentang diri Anda. Misalnya dengan membuat fanspage, twitter fans, akun google plus dan akun socialmedia lainnya dengan mengatasnamakan identitas blog Anda. Nah dari situ Anda mulai berpromosi di social media dengan banyak melakukan share dan update status rutin mengenai perkembangan ataupun celotehan dari fanspage Anda. Semakin banyak share, semakin banyak juga peluang yang Anda miliki untuk memiliki pengunjung yang berlimpah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan social media sebagai media untuk mempromosikan produk Anda jika Anda menjual sesuatu. Jadi, jangan pernah Anda remehkan sosial media.

Optimasi Artikel (Tips SEO)
Mungkin ada sedikit yang dapat saya berikan untuk mengenai artikel Anda yang rekomendasi untuk blog baru Anda sehingga cepat diindex google.

1. Artikel Original Minimal 300 Kata + Gambar
Artikel blog merupakan nyawa blog. Artikel yang baik adalah artikel yang Anda tulis sendiri tanpa copas mentah-mentah dari blog orang lain sehingga tidak terkesan sama dari blog lainnya dan memberikan manfaat lebih bagi pembaca. Selain itu buatlah artikel minimal 300 kata + gambar. Sebenarnya ini tidak baku, cuman kebanyakan rata-rata panjang artikel yang berkualitas adalah 300 kata. 200 kata juga boleh kok. Dan ingat masukkanlah gambar sebagai penghias agar artikel Anda lebih baik di mata pengunjung maupun google.

2. Internal Link Antar Artikel yang Se-Topic
Internal link dalam artikel ke artikel lain sampai saat ini tidak pernah terlupakan. Hampir setiap web-web besar yang memberikan/rujukan link ke artikel lainnya demi lebih pengetahuan pengunjung ataupun dalam hal seo seperti wikipedia, mattcutts.com, dll. Internal link digunakan sebagai pengawal dalam memperkuat postingan Anda ke postingan lain ataupun sebaliknya. 

Misalkan Anda membuat 3 artikel tentang gemscool (keyword utama). Lalu keyword turunan yang pertama adalah artikel tentang forum gemscool indonesia. Yang kedua cara mendaftar gemscool indonesia, dan yang ketiga adalah gemscool login. Nah Anda bisa membuat 3 artikel tersebut dengan membuat link yang saling berkaitan dengan anchor teks yang berbeda-beda sesuai dengan keyword turunanannya tapi tetap mengacu kepada keyword utama yang sama yaitu gemscool. Nah dalam hal ini google akan melihat artikel Anda sebagai artikel yang berkualitas dengan memberikan rujukan link ke artikel Anda lainnya yang bersesuaian. Oh ya, Anda juga bisa kok mengubah skema link sesuai kehendak Anda asalkan keywordnya tetap saling berkaitan. Anda juga bisa memberi link dari 3 artikel keyword turunan ke keyword utama untuk memperkuat postingan keyword utama Anda.

Nah mungkin itu saja tips yang saya berikan pada artikel Tips SEO untuk Blog Baru. Oh ya mungkin Anda pengen tau dimana mencari backlink-backlink seperti itu bukan? Backlink apa aja sih? Anda bisa mencari backlink untuk postingan Anda di social bookmarkiklan baris, wiki, forum profil dan signature, dan backlink lainnya yang mempunyai pengaruh besar terhadap blog Anda. Silakan cari di google ya, jika ada waktu saya akan coba posting mengenai sumber dimana Anda mencari backlink-backlink ini yang saya rasa berkualitas.

Sumber

No comments:

Post a Comment