Wednesday, November 7, 2012

Faktor Penyebab Konflik Sosial

Faktor Penyebab Konflik Sosial, Faktor adanya konflik sosial, faktor munculnya konflik di masyarakat.
Info Terbaru - Faktor Penyebab Konflik Sosial - konflik, dalam kehidupan sehari-hari kita tidak lepas dari adanya istilah konflik.
Istilah konflik berarti benturan atau tabrakan. Dengan kata lain konflik sosial adalah benturan kepentingan, pendapat, keinginan dan lain-lain yang melibatkan antara 2 orang atau lebih.
Dalam International Ensyclopedia Of The Soial Sciences Vol.3 (halaman 236-241) diuraikan mengenai pengertian konflik dari aspek antropologi, yaitu ditimbulkan sebagai akibat dari persaingan antara paling tidak dua pihak. dimana setiap pihak dapat berupa perorangan, keluarga, kelompok kekerabatan, satu komonitas atau mungkin satu lapisan kelas sosial pendukung ideologi tertentu.
Dalam Artikel kali ini Info Terbaru akan berbagi seputar faktor penyebab konflik sosial.
Banyak faktor yang diakibatkan oleh adanya konflik antaralain sebagai berikut :
  • Perbedaan Individu
Setiap manusia di Bumi ini tidaklah sama, dalam arti memiliki pendirian, pendapat dan perasaan yang berbeda beda. oleh karena itulah perbedaan individu dapat menjadi faktor penyebab konflik sosial.
  • Perbedaan Kebudayaan
Antara budaya satu dengan budaya lainnya tentunya berbeda, hingga akhirnya akan terpengaruh oleh pemikiran dan budaya kelompoknya. perbedaan pemikiran atau pendirian itu pada akhirnya akan menjadi salahsatu penyebab adanya konflik sosial.
  • Perbedaan Kepentingan
Setiap manusia mempunyai kepentingan yang berbeda-beda, meskipun manusia mengerjakan hal yang sama tetapi dengan tujuan yang berbeda.
hal ini juga merupakan salahsatu faktor munculnya konflik dalam masyarakat atau sosial.
  • Perubahan-Perubahan Nilai yang Cepat dan Mendadak dalam Masyarakat
Perubahan suatu hal dalam masyarakat adalah sesuatu yang wajar namun bila perubahan tersebut berlangsung secara cepat maka akan menimbulkan konflik di masyarakat.

Nah, diatas telah dijelaskan secara ringkas beberapa faktor penyebab konflik yang terjadi di masyarakat.
semoga artikel ini dapat menambah wawasan tentang pengetahuan sosial anda. :)

No comments:

Post a Comment