Monday, November 12, 2012

Macam-Macam Bentuk Paruh Dan Kaki Burung

Info terbaru - Macam-Macam Bentuk Paruh Dan Kaki Burung - Jenis Jenis Paruh dan Kaki Burung, Burung atau sejenis unggas adalah makhluk hidup yang tinggal di Bumi dan memiliki banyak jenis.
Sebagai makhluk hidup, burung atau unggas harus mencari makanan untuk berlangsungnya kehidupan, tanpa makanan burung atau makhluk hidup lainnya pasti akan mati.
Selain daripada itu yang tidak kalah penting yaitu cara makhluk hidup tersebut mempertahankan diri dari musuh atau mangsanya, tidak terkecuali burung.
Agar burung tetap bisa bertahan hidup maka burung tersebut harus bisa mencari makannannya sendiri, inilah peranan pentingnya paruh dan kaki burung. Jenis paruh dan kaki burung juga dapat membedakan jenis makanan yang dimakan oleh burung tersebut, seperti ada yang memakan biji-bijian, ikan, madu, daging dan lain-lain
Dibawah ini dijelaskan Macam-Macam Bentuk Gambar Paruh Burung serta fungsinya :
  1. Burung elang memiliki paruh yang kuat, tajam, dan melengkung pada bagian ujung paruhnya. Paruh seperti pada gambar disamping ini digunakan untuk mencabik mangsanya.
  2. Burung pelatuk memiliki paruh yang panjang, kuat, dan runcing. Paruh pada burung pelatuk digunakan untuk mencari serangga yang biasa bersembunyi pada kulit pohon, dalam lubang-lubang pohon, atau pada batang pohon yang sudah lapuk.
  3. Burung pelikan memiliki paruh yang mempunyai kantong. Paruh tersebut akan memudahkannya untuk  menangkap ikan yang berada di dalam air.
  4. Burung pipit memiliki paruh pendek juga kuat. Bentuk paruh yang dimiliki ini sesuai untuk memakan jenis biji - bijian. Paruh tersebut berfungsi agar memudahkan pada saat menghancurkan biji-bijian tersebut.
  5. Bebek memiliki paruh yang berbentuk seperti sudu. Bentuk paruh yang dimilikinya tersebut sesuai untuk mencari makanan di tempat yang berlumpur, lembab atau di air.
  6. Burung kolibri memiliki paruh yang mempunyai bentuk panjang dan juga runcing. Bentuk paruh yang dimilikinya tersebut agar memudahkan burung kolibri pada saat menghisap nektar.
Dalam uraian dan gambar paruh burung diatas telah dijelaskan bahwa jenis paruh burung sesuai dengan jenis makanan yang dimakannya.

Selain Paruh pada burung, ada lagi yaitu setiap burung tentuya mempunyai kaki burung yang berbeda-beda.
Bentuk kaki burung ini sesuai dengan cara memperoleh makanannya.
Macam-Macam Bentuk Kaki Burung :
  1. Kaki ayam untuk mencakar tanah pada saat ayam mencari makanannya.
  2. Kaki burung kakatua berfungsi agar dia mudah memanjat. Selain itu, juga kaki burung ini digunakan untuk memegang makanan.
  3. Burung elang memiliki kaki yang kuat dan kuku yang tajam. Kaki ini berfungsi agar dia mudah saat mencengkeram mangsanya.
  4. Kaki itik dan pelikan berselaput sehingga sudah diketahui bahwa mereka cocok untuk berenang di air.
  5. Burung pipit mempunyai kaki yang kecil untuk bertengger.
  6. Burung pelatuk pandai untuk memanjat karena bentuk kakinya sesuai ketika digunakan memanjat.
Berdasarkan pada gambar yang berada diatas, antara bentuk kaki pada burung ada hubungannya satu sama lain, yaitu jenis kaki pada burung menentukan apa makanan yang dimakannya.
Terimakasih telah berkunjung di artikel macam-macam bentuk paruh dan kaki burung semoga bermanfaat dan selamat belajar, baca juga artikel sebelumnya : atau pada kategori :

No comments:

Post a Comment