Sabtu, 03 November 2012

Rumus Mencari Keliling Lingkaran

Info Terbaru - Rumus Mencari Keliling Lingkaran - Tentunya anda sudah tahu bentuk sebuah lingkaran, ya lingkaran adalah kumpulan titik-titik yang berjarak sama terhadap suatu titik tertentu atau pusat lingkaran.
Jarak yang sama tersebut dinamakan jari-jari lingkaran. selanjutnya rumus keliling lingkaran, keliling lingkaran merupakan ukuran sisi yang melingkar pada sebuah lingkaran.
Rumus mencari keliling lingkaran merupakan suatu rumus agar keliling lingaran dapat diketahui dengan mudah, dalam matematika menurut saya sendiri rumus lingkaran adalah rumus yang berbeda dan antara rumus luas dan keliling lingkaran saya suka tertukar padahal untuk mengingat rumus keliling lingkaran maupun luas lingkaran ini sangat mudah.
Berbeda dengan rumus keliling bangun datar lain seperti bujur sangkar, trapesium, segitiga dan lainnya hanya tinggal menambahkan saja antar sisi nya.
dibawah ini Rumus Mencari Keliling Lingkaran :

K = 2 . pi . r

Keterangan :
  • K = Keliling lingkaran
  • pi = 22/7
  • r = jari-jari / radius
Contoh Soal Mencari Keliling Lingkaran :
Rumus Mencari Keliling Lingkaran, contoh soal mencari keliling lingkaran dan penyelesaiannya,
Dik : r = 7cm
Dit : K ?
Penyelesaian :
K = 2 . pi . r
K = 2 . 22/7 .7
K = 44 cm2

Mudah bukan? untuk mencari keliling lingkaran kita cukup menggunakan rumus diatas, kita tidak perlu pusing-pusing memikirkan keliling sebuah lingkaran jika kita mengetahui rumus diatas.
Matematika itu seetulnya mudah, asalkan kita mau belajar dan tidak mempersulit diri sendiri dalam belajar, jadi tetap semangat belajar matematika. semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...