Minggu, 05 Agustus 2012

Alat Suntik Canggih Yang Tidak Menimbulkan Rasa Sakit



Jarum suntik adalah alasan utama bagi sebagian orang untuk menghindari dokter. Padahal, banyak pengobatan penting yang memerlukan bantuan jarum suntik.

Tapi sekarang jangan khawatir. Ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) sudah menciptakan suntikan yang dapat bekerja tanpa membutuhkan jarum suntik.

Suntikan ini bekerja dengan menembakan cairan obat dalam kecepatan yang melebihi kecepatan suara. Kemudian cairan tersebut akan dikeluarkan melalui jet atau barel ultra mini yang berukuran sama seperti proboscis (mulut) nyamuk.

Pengalaman disuntik dengan suntikan canggih ini hampir seperti ketika digigit nyamuk. Nyaris tak terasa.

Besar volume cairan yang akan disuntikan dibuat sebanding dengan kecepatan jet. Gunanya untuk mengontrol jumlah dosis yang diperlukan pasien.

Suntikan ini juga dapat dikonfigurasikan untuk kondisi kulit yang berbeda. Aman untuk digunakan terhadap orang dewasa yang berkulit tebal maupun bayi yang berkulit lembut. Hebatnya lagi, alat ini juga aman digunakan untuk menyuntik mata dan telinga.

"Seperti banyak dari Anda tahu, Anda tidak merasa ketika menyisipkan nyamuk belalai ke dalam kulit Anda karena begitu sangat sempit," ujar Ian Hunter, seorang insinyur mesin di Institut Teknologi Massachusetts, menjelaskan dalam video.

MIT menggambarkan suntikan canggih tersebut dalam rilis beritanya seperti yang dilansirmsnbc.com (25/5) sebagai berikut:

“Sebuah magnet, kecil kuat dikelilingi oleh kumparan kawat yang melekat pada piston di dalam ampul obat. Kemudian berinteraksi dengan medan magnet untuk menghasilkan kekuatan yang mendorong piston ke depan yang membuat obat meluncur pada tekanan yang sangat tinggi dan cepat. Kecepatan kumparan dan kecepatan yang diberikan terhadap obat tersebut dapat dikontrol oleh jumlah diterapkan saat ini.”

Alat ini mungkin saja mengubah secara revolusioner pandangan awam tentang jarum suntik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...