Senin, 27 Agustus 2012

7 Hal yang Sering Diucapkan Pembohong



 
Kepercayaan adalah dasar dari hubungan romantis yang awet. Ini bukan berarti kalian harus mencurigai pasangan setiap waktu. Tetapi tak ada salahnya mengetahui tanda-tanda kebohongan, siapa tahu suatu saat Anda perlu mendeteksi kebohongannya. Janine Driver, penulis buku "You Can't Lie to Me" membocorkan delapan kata dan kalimat yang sering digunakan oleh para pembohong, seperti dilansir oleh Yahoo! Shine (21/08/2012). 

1. Tidak pernah
Yang harus diperhatikan adalah ketika sebenarnya kata 'tidak' saja sudah cukup. Kenapa dia harus menggunakan kata 'tidak pernah'? Ini menunjukkan reaksinya yang berlebihan. Misalkan saja ketika kalian bertanya, "Apa kau baru melihat bokong perempuan itu?" dan dia menjawab "Tidak pernah." Padahal "tidak" saja seharusnya sudah cukup.  


2. Itu
Ini tergantung pada penggunaan kata yang dipilihnya. Jika dia menggunakan kata "itu" untuk memberikan kesan 'jauh' dari obyek, misalkan "wanita itu", "uang itu", dan lainnya. Ini adalah trik umum yang sering digunakan manipulator. 

3. Tidak akan
Jika dia tak menggunakan kata "tidak" dan langsung menggunakan "tidak akan", kalian perlu waspada. Misalkan ketika kalian bertanya "Apa kau keluar dengan si X kemarin?" dan dia menjawab "Aku tak akan pernah melakukannya." Berkebalikan dengan apa yang dikatakannya, kata "tak pernah" mengindikasikan adanya kemungkinan itu di masa mendatang

4. "Ya, Nona"
Tiba-tiba menjawab dengan kata "Ya, Nona." atau "Ya, Nyonya" pada suasana yang biasa saja adalah tanda bahwa dia sedang tertekan. Terlebih lagi, ini mengindikasikan bahwa dia menyadari dirinya ada dalam masalah. 

5. Ngomong-ngomong
Pembohong mengatakan kata ini untuk mengecilkan perhatian kalian pada apa yang diucapkannya. Padahal sebenarnya, ini adalah hal yang penting. Jadi, pastikan kalian memperhatikan apa yang dikatakannya setelah kata "ngomong-ngomong" atau "by the way." 

6. Tetapi
Kalian perlu berhati-hati ketika mereka mengatakan "Aku tahu kau akan mengira aku berbohong, tetapi...." atau "Aku tahu ini aneh, tetapi..." Para pembohong mencoba bermain-main menggunakan kata itu. 


7. Kenapa aku harus melakukannya?
Ini adalah kalimat yang jadi favorit para pembohong, jadi mereka bisa memikirkan kalimat apa yang bisa dikatakannya selanjutnya. Kalimat lain yang juga digunakan biasanya, "Apa kau menyebutku pembohong?", "Bagaimana kau bisa berpikir aku melakukannya?" dan lainnya
Hati-hati dengan ketujuh kata di atas. Bukan berarti semua orang yang menggunakannya adalah pembohong. Namun tak ada salah mewaspadai jika si dia mulai sering menggunakan kata-kata di atas di saat-saat tertentu.

sumber 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...