Rabu, 29 Agustus 2012

Tips Langkah Awal Menjadi Mahasiswa




Tips Langkah Awal Menjadi MahasiswaHore…! Setelah ospek selesai, akhirnya sudah resmi menjadi mahasiwa baru. Eits… menjadi mahasiswa ternyata nggak semudah seperti yang dibayangkan lho. Semua serba baru dan berbeda, mulai dari tempat baru, pelajaran baru, teman baru. Nah, sebagai mahasiswa baru kebanyakan masih bingung dan sulit beradaptasi untuk mulai menjadi mahasiswa yang baik. Tapi kamu nggak perlu khawatir, kawan, Ekspresi Suara remaja membocorkan cara jitu untuk menjadi mahasiswa baru yang baik. Cekiprot Tips Langkah Awal Menjadi Mahasiswa !

Berburu Teman yang Banyak
Untuk seorang mahasiswa baru mempunyai banyak teman sangat penting dilakukan lho. Teman dalam kehidupan perkuliahan akan sangat membantu dalam banyak hal, seperti bisa sangat membantu dalam belajar, mengerjakan tugas, mendapat info-info penting tentang perkuliahan, menjadi pendengar dan tempat curhat yang baik, dan masih banyak yang lain. Nah, ospek adalah timing yang pas untuk mengenal dan mencari teman sebanyak-banyaknya.
Memiliki hubungan baik dengan teman sangat membantu untuk masa depan juga lho. Kita nggak tahu akan menjadi seperti apa kita dan teman kita nantinya. Hubungan pertemanan yang baik nggak akan dilupakan dan itu sangat membantu kita untuk ke depannya.

Akrab dengan Kakak Angkatan
Kawan, berusaha mendapat kenalan atau berteman dengan kakak angkatan di kampus nggak ada salahnya. Justru itu akan sangat membantu kita dalam perkuliahan. Kakak angkatan sudah berpengalaman dalam menghadapi pelajaran, ujian, dan dosen. Jadi kita sebagai mahasiswa baru bisa mendapat informasi-informasi penting seputar kehidupan perkuliahan di kampus. Kita bisa bertanya sifat mengajar setiap dosen, UKM yang cocok untuk diikuti, sistem ujian di kampus, cara mendapatkan beasiswa, dan lain-lain. Selain itu kita juga bisa meminjam modul, buku, dan soal ujian tahun lalu dari kakak angkatan. Seru kan guys!

Ikut UKM yang Cocok
Kalau kamu mempunyai suatu hobi tertentu bisa disalurkan melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Kalau di sekolah dulu, UKM sama saja dengan ektrakulikuler, kawan. UKM menjadi wadah untuk menyalurkan hobi atau yang berminat dalam suatu kegiatan. Selain mengikuti UKM yang disukai, disarankan juga mengikuti UKM yang berpotensi dan baik untuk meningkatkan suatu kemampuan yang berguna di masa depan lho. Dari UKM kita juga akan mendapatkan banyak teman yang se-angkatan dan kakak angkatan yang sama atau beda jurusan dan fakultas.

Ketahui karakter dosen
Dosen itu nggak seperti guru di SMA. Dosen mempunyai karakter dan sistem mengajar yang berbeda satu dengan yang lainnya. Karakter dosen ada yang santai, ramah, bebas, disiplin bahkan ada yang keras dan mudah marah. Sebagai contoh kalau karakternya bebas maka dosen akan membebaskan mahasiswanya sebebas-bebasnya di dalam  kelasnya boleh main HP, boleh mencatat atau nggak, semua terserah mahasiswa. Tapi  kalau berkarakter disiplin dan keras, ada mahasiswa yang menyepelekannya dosen tersebut nggak basa-basi untuk mengambil tindakan seperti menyuruh keluar kelas, member nilai jelek bahkan sampai mengambil KTM. Nah, mengenal karakter dosen itu sangat membantu dalam menentukan sikap terhadap setiap dosen.

Berusaha Mendapat IP Tinggi
Sebagai mahasiswa baru, mendapatkan IP yang baik di tahun pertama itu sangat penting. Mendapat IP yang baik adalah awal untuk mendapatkan hal yang besar salah satunya adalah beasiswa. Beasiswa biasanya banyak diperoleh muali semester tiga, tapi kualifikasinya biasa bergantung pada IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) dari semseter awal lho. Pada semester pertama dan kedua kebanyakan pelajarannya seperti pelajaran yang sudah diajarkan pada waktu SMA. Walaupun ada beberapa  yang berbeda tetapi tingkat kesulitannya nggak terlalu tinggi. Kemudahan seperti itu seharusnya bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan IP yang tinggi, kawan.

Jangan Takut Untuk Bertanya
Sebagai mahasiswa kita dipaksa untuk menjadi pribadi yang mandiri dan berinisiatif tinggi. Sudah jamannya untuk nggak takut bertanya dan takut mencoba. Takut bertanya hanya akan membuat kita diam dan nggak merubah apapun. Inilah saatnya untuk berani berkarya nggak takut untuk gagal karena masih banyak kesempatan. Kegagalan adalah awal dari kesuksesan, karena itu jangan takut gagal, kawan. Semangat!
Ayo bergerak dan menjadi generasi muda yang inisiatif, kreatif, dan memiliki semangat  yang membara untuk masa depan yang baik. HIDUP MAHASISWA!!! 

Ref: Ekspresi Suara Remaja Merdeka


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...