Minggu, 26 Agustus 2012

Ternyata Ada Kertas Anti Air



Apa jadinya bila ada kertas yang anti air? Bisa jadi akan muncul kantong kertas tempat makan siang yang tidak pernah berminyak, Koran yang tetap kering saat kehujanan dan handuk kertas antibakteri.

Diwartakan Msnbc, demi mewujudkan kertas antiair, tim peneliti dari Italian institute of technology melapisi kertas normal dengan larutan yang mengandung monomer.


Pemimpin tim peneliti tersebut, Despina Fragouli menjelaskan bahwa monomer ini membentuk, “Sebuah cangkang polimer di sekeliling serat kertas sehingga membuatnya jadi tahan air.”
“Dengan cara ini, kertas menjadi tahan air dan bisa ditambahkan dengan fungsi tertentu, sesuai jenis partikel yang digunakan,” katanya.

Hal itu berarti Anda bisa memiliki kertas yang tahan air dan magnet atau tahan air dan anti bakteri. Kemampuan tambahan tersebut diperoleh sesuai partikel yang dicampur dengan monomer.

Selain itu, meskipun monomer yang digunakan sebagai pelapis sudah dicampur partikel lain, kertas antiair tetap berfungsi layaknya biasa. Kertas tersebut masih bisa dipakai untuk menulis atau mencetak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...