Selasa, 28 Agustus 2012

Cara agar blog Friendly melalui Setting SEO Robot Txt

Robots.txt merupakan sebuah file yang terdapat dalam directory root dari suatu situs yang berguna untuk mengontrol halaman-halaman tertentu agar diindex oleh spider mesin pencari, atau untuk mengatur bagian-bagian tertentu supaya tidak diindex oleh search engine.
setting robot seo
seo dengan robot .txt

Bagi pengguna wordpress ada banyak sekali fitur yang bisa dimanfaatkan. Mulai dari pengaturan yang semakin mudah dan tentunya berbagai macam kelebihan dalam hal SEO. Bagi anda yang masih menginginkan berbagai macam pengaturan dalam proses indexing google bisa anda lakukan lewat robot.txt. Robot.txt ini bisa anda gunakan sebagai acuan bagian mana saja yang boleh diindex/ dirayapi google dan nama yang tidak. Hal ini juga berguna bagi anda yang masih mempunyai bandwidth pas-pasan atau memang blog anda yang sudah sangat ramai dan menginginkan untuk melakukan penghematan bandwidth hosting.

 Dengan memblokir direktori atau file tertentu yang memang tidak perlu diindex, ini juga salah satu cara agar blog atau website menjadi lebih SEO, kenapa bisa begitu, karena waktu yang dibutuhkan search engine saat mendatangi blog kita tidaklah lama. Jadi dengan dicegahnya search engine merayapi direktori tertentu maka kesempatan mesin pencari untuk merayapi dan mengindex seluruh konten atau halaman web yang memang perlu ditampilkan (diindex) menjadi lebih besar (lebih diprioritaskan).

tips blog robot .txt
MESIN PENCARI GOOGLE

Secara default (jika dalam direktori blog atau web tidak ada file robots.txt maka akan memberikan informasi pada Search Engine bahwa seluruh bagian dari blog atau situs dapat dijelajahi dan dimasukkan dalam index-nya. Dan tidak semua bagian sebuah blog atau web itu perlu didatangi search engine, sebagai contoh untuk pengguna wordpress dengan hosting sendiri bagian folder atau direktori wp-admin, wp-content/cache, wp-content/plugins, wp-includes dll tidak perlu diindex, karena tidak ada gunanya, sebaliknya kalau direktori tersebut ikut diindex malah akan merugikan karena akan boros bandwidth dan juga mungkin mengandung data-data penting yang tidak boleh jadi konsumsi publik.

Sebagai Contoh anda bisa menggunakan setting seperti ini :

User-agent: Googlebot
Disallow: /*.php$
Disallow: /*.js$
Disallow: /*.inc$
Disallow: /*.css$
Disallow: /*?*
Disallow: /*?

Setting ini akan mencegah search engine untuk merayapi dan mengindex file php, javascript, css dll.

Contoh lainnya :
User-agent: *
Disallow: /cgi-bin/
Disallow: /wp-admin/
Disallow: /wp-includes/
Disallow: /wp-content/plugins/
Disallow: /wp-content/cache/
Disallow: /wp-content/themes/
Disallow: /wp-login.php
Disallow: /wp-register.php
Disallow: /trackback/
Disallow: /feed/
Disallow: /tag/
Disallow: /author/
Disallow: /comments/
Disallow: /category/
Sitemap: http://domainanda.com/sitemap.xml
Sitemap: http://domainanda.com/sitemap.xml.gz

Setting ini akan mencegah search engine untuk merayapi dan mengindex direktori cgi-bin, wp-admin, wp-includes dll beserta seluruh file yang ada di dalam direktori tersebut. Jika anda menggunakan plugin Google XML Sitemap Generator bagian paling akhir dari file robots.txt bisa ditambahkan kode ini : Sitemap: http://domainanda.com/sitemap.xml dan Sitemap: http://domainanda.com/sitemap.xml.gz

Bagi yang menggunakan plugin Google XML Sitemap Generator, Platinum SEO atau All in One SEO Pack dan kebetulan menyertakan category dan atau tag dalam indexnya, maka setting di bagian berikut harus dihapus supaya sinkron :

Disallow: /tag/
Disallow: /category/

Selain contoh di atas anda juga bisa membuat parameter-parameter tertentu misalnya, jika anda sering mengikuti program paid review dan tidak ingin Page Ranknya turun bisa menggunakan parameter seperti ini :

User-agent: Googlebot
Disallow: /review/

Ini setting khusus yang menggunakan struktur permalink dengan settingan seperti ini : /%category%/%postname%/ dan sebelumnya seluruh postingan paid review harus dijadikan satu dalam kelompok atau kategori review.

Cara membuat file robots.txt :

Buka Program Notepad anda.
Masukkan setting atau parameter-parameter file robots.txt yang diinginkan, contoh yang saya gunakan untuk blog ini bisa dilihat di sini.
Simpan dengan nama robots.txt.
Upload file tersebut ke root direkori wordpress bisa lewat Cpanel atau FTP.
Cara lainnya login ke Cpanel ~ klik File Manager, klik public_html, klik Icon New File (atas kiri), pada kotak New File Name : beri nama file “robots.txt” (tanpa tanda petik) terus klik create New File.
Kemudian buka file robots.txt tersebut, masukkan parameter-parameter settingan yang diinginkan. Kemudian simpan.
Jangan lupa validasi hasil pembuatan file robots.txt anda dengan mengunjungi link ini Robots.txt Checker, dan masukkan url file robots.txt anda (contoh http://namadomain.com/robots.txt)
pada kotak yang tersedia kemudian lihat hasilnya apakah file robots.txt anda sudah benar-benar valid, jika masih banyak eror di situ dikasih informasi letak erornya.

sumber : http://m-alwi.com/cara-setting-robots-txt.html

1 komentar:

  1. Artikelnya sangat bermanfaat dan menarik..
    Mohon admin dan teman-teman pengunjung berkenan mengritik dan memberi masukan kepada blog saya..
    Ekiosku.com Jual Beli Online Aman Menyenangkan
    Keep Blog Walking..
    terimakasih byk admin dan teman-teman sekalian.. :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...