Jumat, 10 Agustus 2012

Jubah Tak Terlihat Hampir Terwujudkan!

Saat ini berbagai penelitian dilakukan untuk mewujudkan berbagai benda fiktif, salah satunya adalah jubah tidak terlihat, banyak cerita fiksi yang menggunakan jubah ini didalam ceritanya salah satunya adalah Harry potter. Tapi, telah ditemukan bahan yang dapat membelokkan cahaya sehingga pengembangan untuk jubah ini masih berlanjut.

Awalnya, untuk membuat jubah tak terlihat para ilmuwan menggunakan benda artifisial yang disebut Metamaterial. Metamaterial bekerja dengan menggangu dan menyalurkan aliran cahaya pada tingkat dasar. Tapi hukum optik menyatakan cahaya hanya bisa dimanipulasi dengan cara ini oleh struktur yang sebesar gelombangnya.

Pada tahun 2010, ilmuwan telah menciptakan jubah tak terlihat yang bekerja pada 3 dimensi tapi lebarnya hanya 30 mikron atau seukuran rambut manusia.

Akan tetapi, telah ditemukan cara lain, yaitu dengan menggunakan Kristal Kalsit, yang dapat membelokkan cahaya.
Dr. Shuang Zhang, Fisikawan dari Universitas Birmingham mengatakan "Ini adalah langkah besar, area untuk penghilangan, cukup besar untuk para pengamat melihat (Maksudnya melihat benda yang dapat membuat benda lain tak terlihat)."

Tim Dr. Zhang menempelkan 2 buah kalsit berbentuk segitiga dan diletakkan pada cermin. Cahaya masuk ke kalsit dan terpisah menjadi 2, dengan kecepatan dan arah yang berbeda. Berhubung "Jubah" itu sendiri terlihat, maka yang disembunyikan adalah benda dibaliknya.

Besar Kalsit dapat mencapai 21-23 kaki, sehingga dapat digunakan pada mobil

" Dengan menggunakan kristal natural ini, dibandingkan dengan Metamaterial yang artifisial, kami dapat mengukur ukuran "Penutup" dan bisa menyembunyikan objek yang lebih besar. seribu kali lebih besar dari gelombang cahaya"

Sekian.

sumber : http://feringeblog.blogspot.com/2012/08/jubah-tak-terlihat-hampir-terwujudkan.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...