Jumat, 10 Agustus 2012

Tips Berbohong Di Bulan Puasa

terbaru5 - malesbanget

Halo. Apa kabar puasa kamu? Udah batal berapa kali? Ngomong-ngomong soal hal yang ngebatalin puasa, orang sering bilang kalo bohong nanti puasanya batal. Itu sebenernya salah. Kalo bohong bakal ngurangin pahala kamu aja, gak ngebatalin.
Nah, di kehidupan yang keras ini, kadang-kadang bohong itu diperluin banget. Mau itu white lie buat bikin orang seneng atau pun bener-bener bohong aja buat nyelametin diri sendiri. MBDC mau bagi-bagi beberapa tips nih, biar kamu bisa tetep bisa bohong di bulan puasa tanpa mengurangi nilai ibadah kamu. Semoga bermanfaat.

Kasi Tau yang Orang Mau Denger Aja

Suatu hari kamu abis sahur sakit perut dan gak bisa tidur lagi. Sampe kantor kamu kayak celeng gitu sempoyongan gak ada semangat. Terus pas udah deket-deket jam pulang kantor, tau-tau bos kamu nanyain apakah kerjaan super penting, misalnya valuasi merger-nya, udah sampe mana dikerjainnya. Kamu lupa ada kerjaan itu gara-gara celeng seharian.
Kalo kamu bilang belom, yang ada nanti kamu dimarahin terus gak jadi pulang deh. Tapi kalo bohong nanti dosa. Kalo yang kayak gini, kamu bisa bilang “Lagi dalam proses pak! Sebelum deadline akan saya serahkan ke bapak!” Maksudnya proses akan dikerjakan, bukan proses pengerjaan. Bos kamu gak perlu tahu detilnya deh.

Informasi yang Samar-Samar

Ceritanya kamu baru pulang kantor, lagi santai-santai dirumah. Tiba-tiba ada temen SMA kamu yang gak pernah ngobrol nelpon. Dia ngajakin buat buka bersama plus reuni, dan butuh beberapa orang lain buat jadi panitia. Kamu males. Dateng aja males, apalagi jadi panitia.
Kamu pengen jujur bilang males, tapi nanti dibilang gak asik. Terus dimusuhin. Terus di-bully deh. Tapi kalo kamu bohong bikin alesan, lagi puasa. Jadi gimana ngelaknya?
Buat kasus ini, MBDC saranin kamu kasi informasi yang samar-samar. Contohnya, kamu bisa bilang “Aduh sorry kayaknya gue gak bisa dateng, soalnya udah ada janji.” Orang normal biasanya sih diginiin udah cukup. Kalo dia malah nanya-nanya, marahin aja. Siapa dia kok kepo aja sih sama urusan pribadi orang! Pacar bukan? Kalo mau jadi pacar boleh deh kepo dikit.
Tapi MBDC, kan gue belom ada janji, jadi bohong dong! Lho, masa seumur hidup kamu gak pernah bikin janji? Janji ketemu meeting? Janji sama nyokap mau beresin kamar? Janji sama pacar gak bakal selingkuh? Kan janji tuh. Secara teknis kamu gak bohong.

Half-truth

Kamu baru selese kuliah nih. Waktu udah jam 4 sore. Sempet buka di rumah nih kalo langsung cabut. Terus pas jalan keluar kampus, kamu dicegat sama temen-temen, mereka ngajakin rapat buat acara kampus bulan depan. Sebenernya kamu udah dikasi tau ada rapat, tapi kamu cuma hah-hoh hah-hoh aja.
Kamu pun langsung muter otak, gimana caranya kabur dari rapat tanpa ngeboongin mereka tapi alesannya juga masuk akal. Lalu kamu inget, kemaren bokap kamu minta ditemenin buat bawa anjing kamu ke dokter hewan minggu depan. Kamu pun bilang ke temen-temen kamu, “Sorry men, gue musti pulang nih. Bokap gue minta ditemenin ke dokter” Secara teknis, ini gak bohong. Soalnya emang bener bokap kamu minta ditemenin ke dokter. Cuma kamu gak bilang aja, dokter apa, kapan dan siapa yang sakit.

Jawab dengan Tidak Menjawab

Kamu mau ngabuburit sama pacar kamu. Kemaren katanya dia baru beli baju baru dan mau dipake buat jalan sama kamu hari ini. Kamu gak tau bentuk bajunya kayak apa, dan pas di kasi liat, taunya aneh banget ! Bajunya tipe-tipe dipake hipster yang suka kamu hina-hina gitu deh. Terus dia nanya, “Bagus gak bajunya? Cocok gak aku pake ini?”
Kamu pun bingung. Di satu sisi, bajunya aneh banget dan sebenernya kamu malu kalo jalan bareng sama orang yang pake pakaian seperti itu. Di sisi lain, minggu lalu kamu baru aja berantem sama pacar kamu, dan beberapa hari yg lalu baru baikan. Kalo kamu bilang jelek, nanti pacar kamu tersinggung, marah, dan berantem lagi. Rebek deh.
TING! Bohlam di dalam kepala kamu menyala. Kamu pun menatap mata pacar kamu dalam-dalam, tersenyum, dan bilang “Aku sayang kamu”. Pacar kamu pun terenyuh, mengira kamu tidak bisa berkomentar apa-apa karena terpesona melihat dia dengan baju barunya. Makin jatuh cinta lah dia sama kamu. Malam itu kamu bakal dapet hadiah spesial.
Nah sekian tips dari MBDC. Kalo kata Jason Mraz, “It’s all about the wordplay”. Oh, tips ini sebenernya bisa dipake kapan aja sih, gak mesti pas lagi bulan puasa. Kapan pun kamu lagi males bohong deh. Kalo udah dipraktekin, coba laporan ya sama kita gimana hasilnya!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...