Minggu, 05 Agustus 2012

Ooparts, Temuan yang Menentang Waktu

Ooparts adalah singkatan dari Out of Place Artifact, dengan kata lain artefak2 yang tidak sesuai dengan waktunya. Maksudnya benda2 artefak tersebut jika dibandingkan dengan sejarah dan catatan waktunya, seharusnya benda2 tersebut belum ada.

Namun pada kenyataannya terdapat banyak sekali benda2 Ooparts yang ditemukan dan belum bisa dijelaskan sampai sekarang.

Ooparts memang tidak terlalu terkenal sehingga tidak banyak orang yang mengenal dan mengetahuinya, bahkan kata2 Ooparts mungkin terdengar asing ditelinga.



Ooparts

Ooparts adalah istilah yang diciptakan oleh American zoologi dan cryptozoologist Ivan T. Sanderson untuk objek sejarah, arkeologi atau paleontologi yang ditemukan tidak sesuai pada tempat dan waktunya.

Artefak2 ini bertolak belakang dengan sejarah, waktu, dan teori evolusi. Karena keberadaannya yang tidak semestinya terdapat dizaman tersebut Ooparts sempat menjadi perdebatan diantara para sejarawan dan ilmuwan.

Ilmuwan dengan tegas yakin dengan hasil perhitungan mereka bahwa benda2 tersebut memang berasal dari zaman2 tersebut. Mereka yakin dengan perhitungan mereka tentang umur benda2 tersebut, walaupun pada masa tersebut tidak mungkin benda2 itu sudah bisa dibuat oleh manusia. Mereka percaya ooparts itu ada dan merupakan salah satu misteri dunia.

Disisi lain sejarawan yakin akan sejarah yang mereka pegang selama ini. Mereka tidak percaya Ooparts itu ada. Menurut mereka Ooparts hanyalah hoax. Kalaupun terbukti bukan hoax, mereka menganggap hanya sebuah salah penafsiran dari teknologi pada zaman tersebut.

Ooparts juga digunakan sebagai bukti dari teori2 peradaban kuno yang lebih modern. Ada yang pecaya bahwa sebenarnya dulu ada peradaban yang modern seperti kita (mungkin lebih) namun hilang begitu saja. Sebagai contoh Atlantis (yg masih diragukan), dsb.

Supaya tidak semakin membingungkan, langsung saja saya berikan sekilas beberapa contoh Ooparts yang ada.

Macam-macam Ooparts

Tengkorak Kristal


Tengkorak kristal ini merupakan salah satu Ooparts yang paling terkenal. Tengkorak ini ditemukan di daerah Yucatan dan dihubung-hubungkan sebagai peninggalan dari bangsa maya.

Seperti yang kita ketahui dari ramalannya pada tahun 2012, bangsa maya memang dikenal sebagai bangsa berpengetahuan tinggi (khususnya astronomi). Tapi jika kita lihat dari ketelitiannya, bentuknya, dan kesempurnaannya tengkorak tersebut diragukan kalau bangsa maya pada saat itu sudah bisa membuat artefak sesempurna ini.

Ditambah lagi tengkorak itu terbuat dari batu Amethyst. Apakah mungkin bangsa maya pada saat itu sudah bisa membentuk batu keras Amethyst menjadi artefak berbentuk sempurna beserta rongga2nya seperti ini?? masih jadi pertanyaan hingga sekarang..


Hieroglyph Mesir

Pastinya anda mengenal ukiran khas mesir ini. Hieroglyph adalah ukiran2 yang menggambarkan peradaban pada masa itu.

Nah yang aneh adalah gambar berbagai macam jenis kendaraan udara di hieroglyph ini. Ada yang menyerupai helikopter, pesawat, bahkan UFO (menurut mata saya). Bagaimana mungkin peradaban beribu tahun yang lalu bisa melihat dan mengetahui kendaraan2 udara sedangkan pertama kali manusia bisa terbang saja pada abad 16an oleh Wright bersaudara. Sangat aneh bukan??

Apakah pada saat itu mesir sudah mempunyai kendaraan2 udara namun kemudian menghilang seperti Atlantis??


Jejak manusia dan dinosaurus

Bagi saya pribadi Ooparts ini adalah salah satu yang paling kontroversial keberadaannya.

Disebelah kiri adalah jejak kaki Iguanadon, sejenis dinosaurus herbivora pada zaman cretacious awal. Sedangkan disebelah kanan adalah jejak kaki manusia modern. Dan setelah diteliti dipastikan kalau umur kedua fosil jejak itu sama.

Bagaimana mungkin??

Fosil jejak kaki ini sangat menentang teori evolusi darwin yang mengatakan bahwa manusia berasal dari evolusi kera. lalu bagaimana bisa ada manusia dizaman tersebut?

Apakah manusia modern sudah ada pada zaman dinosaurus, atau jejak tersebut hanya jejak sejenis kera pada masa itu, ataukah ada penjelasan lainnya?? sampai sekarang masih belum bisa terjawab.



Sebenarnya masih banyak ooparts lainnya yang kontroversial, namun karena keterbatasan waktu yang saya miliki, kali ini saya hanya mengulas secara sekilas saja. Saya akan membahas lebih mendetail Ooparts lainnya di lain kesempatan.

Menanggapi fenomena Ooparts ini muncul berbagai spekulasi baik yang berasal dari ilmuwan maupun berasal dari masyarakat.

Ada yang bilang kalau dimasa depan nanti kita memang akan menemukan mesin waktu. Melalui mesin waktu itulah manusia kembali ke zaman dulu dan mungkin tanpa sengaja meninggalkan benda2. Benda2 yang tertinggal itulah yang menjadi Ooparts.

Menurut saya teori ini sangat tidak masuk akal, lain cerita jika memang dimasa depan berhasil ditemukan mesin waktu.

Ada juga yang mengatakan kalau sebenarnya pada zaman tersebut sudah ada peradaban yang modern yang memungkinkan untuk membuat artefak2 tersebut. Namun kemudian peradaban itu tenggelam, hilang, mungkin karena bencana besar. Tapi teori ini tidak menjelaskan bagaimana bisa terjadi Jejak manusia disebelah jejak Iguanadon yang saya sebutkan diatas.

Banyak teori2 lainnya, namun sampai sekarang belum ada satupun teori yang bisa menjawab secara pasti bagaimana Ooparts itu bisa terjadi. Mungkin ini merupakan salah satu misteri dunia yang tidak akan bisa dijawab (sama seperti hari penciptaan, UFO, dll).

Saya memang percaya ada sesuatu misterius yang terjadi diluar sana, dan mungkin beberapa dari kemisteriusan itu tidak akan terjawab sampai kapanpun.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...