Rabu, 02 Mei 2012

Yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Setelah Makan



Makan adalah kegiatan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengisi bahan bakar dan mendapatkan tenaga untuk melakukan aktivitas. Sayangnya, ada beberapa kegiatan yang tanpa disadari dapat berbahaya jika dilakukan setelah makan.

Ada beberapa kebiasaan yang sering dilakukan orang setelah makan, padahal kebiasaan tersebut bisa berbahaya bagi tubuh. Berikut 7 kebiasaan yang sebaiknya tidak dilakukan setelah makan, seperti dilansirtimeidol, Selasa (27/3/2012) :

1. Jangan merokok


Penelitian membuktikan bahwa merokok sebatang rokok setelah makan sama bahayanya dengan merokok 10 batang.

2. Jangan langsung makan buah
Langsung makan buah-buahan setelah makan akan menyebabkan perut dipenuhi dengan udara. Untuk makan buah, setidaknya tunggu 1-2 jam setelah makan atau 1 jam sebelum makan.

3. Jangan minum teh

Daun teh mengandung kandungan asam tinggi. Hal ini akan menyebabkan kandungan protein dalam makanan yang Anda konsumsi sulit untuk dicerna. Untuk itu, sebaiknya jangan langsung minum teh atau es teh setelah makan.

4. Jangan mengendurkan ikat pinggang

Mengendurkan ikat pinggang setelah makan dapat menyebabkan usus terpelintir atau terblokir, yang dapat membahayakan pencernaan.


5. Jangan langsung berjalan

Orang sering mengatakan bahwa berjalan beberapa langkah setelah makan akan memperpanjang hidup. Faktanya hal itu tidaklah benar. Berjalan setelah makan akan menyebabkan sistem pencernaan tidak dapat menyerap nutrisi dari makanan yang Anda makan.

6. Jangan langsung mandi

Mandi setelah makan dapat meningkatkan aliran darah ke tangan, kaki dan tubuh, yang menyebabkan jumlah darah di sekitar perut terus menurun. Hal ini akan melemahkan sistem pencernaan dalam perut Anda.

7. Jangan langsung tidur

Setelah makan, makanan akan disimpan di dalam lambung. Ketika Anda langsung tidur, maka makanan itu akan berbalik arah lagi ke atas. Kondisi ini disebut dengan refluks esofagus atau esophageal reflux, yaitu kembalinya makanan dari lambung ke dalam esofagus.

Akibatnya, kerongkongan akan terasa kering, panas, kadang membuat orang merasa mual, mulas dan ingin muntah karena ada makanan yang berbalik arah. Hal ini akan semakin parah bila orang tersebut sudah menderita penyakit maag atau tungkak lambung.


[ceriwis.us]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...