Jumat, 11 Mei 2012

Lampu bohlam teknologi LED yang awetnya sampai 20 tahun

Semenjak diciptakan oleh Thomas Alva Edison seabad yang lalu, lampu bohlam terus mengalami kemajuan. Dan ternyata bukan hanya teknologi seputar gadget dan perangkat hanphone saja yang terus menerus berinovasi, karena ternyata teknologi lampu bohlam atau yang biasa disebut lampu pijar juga ikut berkembang. Seiring dengan makin canggihnya teknologi, akhirnya dalam waktu dekat lampu bohlam dengan teknologi LED yang diadopsi dari teknologi televisi atau layar monitor komputer akan segera diadaptasikan ke dalam lampu bohlam. Lampu bohlam dengan teknologi tinggi serupa LED ini diklaim jauh lebih hemat energi dan awetnya bisa bertahan sampai 20 tahun. Produk tersebut dinamakan dengan bohlam LED (Light-emiting Diodes).

Sama seperti halnya pada Televisi, teknologi LED dalam bohlam diklaim lebih hemat energi dan memungkinkan untuk mengganti lampu sejenis hingga kapasitas 100 watt. Selain itu, dengan pemakaian normal sekitar tiga jam dalam sehari, lampu bohlam tersebut dapat bertahan selama lebih dari 20 tahun.


"Teknologi LED akan dipakai dalam segala aspek di kemudian hari," ujar James Rusill, Manajer Pengembangan Program Energy Saving Trust (EST) Inggris, seperti yang dikutip BBC. "Ada banyak manfaat menggunakan bohlam LED, bentuknya yang lebih kecil, warnanya lebih cerah dan telah teruji lebih baik daripada lampu sebelumnya dengan banyak penghematan energi,".

Saat ini, sudah ada tiga perusahaan yang siap menjual jenis bohlam ini, yakni General Electric (GE), Philips dan Sylvania. Bahkan ketuganya sudah memamerkan produk tersebut dalam pameran industri 'Light Fair' yang diadakan di Las Vegas baru-baru ini.

Philips dan Sylvania mengungkapkan kepada BBC bahwa mereka akan mulai menjual produk tersebut ke pasar akhir tahun ini. Sementara GE akan memasarkannya awal tahun depan.

Namun karena materi yang digunakan juga terbilang baru dan lebih canggih, diperkirakan harga yang dibanderol untuk lampu ini relatif cukup mahal.

Sebelumnya GE telah memasarkan lampu bohlam LED 9 watt yang keterangannya sebanding dengan lampu bohlam pijar 40 watt dengan harga USD 50 atau setara dengan Rp 460 ribuan. Penasaran ingin melihat seperti apa wujud dari lampu bohlam LED ini?. Kita tunggu saja kehadirannya di tanah air.

dari: http://forum.vivanews.com/iptek/355737-lampu-bohlam-led-dapat-hidup-lebih-dari-20-tahun.html untuk terbaru5.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...