Rabu, 02 Mei 2012

Wajib Militer, Kewajiban Warga Negara yang Tak Pandang Status




 Wajib Militer atau di kenal dengan sebutan Wamil merupakan kewajiban yang dilaksanakan oleh seorang warga negara yang berusia antara 18-27 tahun. Dalam hal ini Mereka yang mengikuti wamil berhak untuk menyandang senjata dan menjadi anggota tentara. Program wamil sendiri berlangsung sekitar 2,3 tahun dan 2,5 tahun. Pada beberapa Negara, Wamil umunya di laksanakan oleh kaum pria. Namun, ada beberapa Negara yang juga mewajibkan Wamil kepada kaum wanita.

Seperti di kutip dari wikipedia, Negara-negara yang saat ini memberlakukan wajib militer adalah : Aljazair, Angola, Austria, Bolivia, Brasil, Chile, Republik Cina (Taiwan), Eritrea, Estonia, Finlandia, Georgia, Israel, Iran, Korea Selatan, Korea Utara, Kroasia, Kuba, Kuwait, Malaysia, Mesir, Myanmar, Norwegia, Paraguay, Polandia, Romania, Rusia, Seychelles, Siprus, Singapura, Suriname, Suriah, Swedia, Swiss, Thailand, Turki, Ukraina, Venezuela, Yunani serta Negara-negara anggota Persemakmuran Negara-Negara Merdeka (Belarus, Kazakhstan, Uzbekistan, Armenia, Moldova, dll), kecuali Ukraina.

Setiap negara yang memberlakukan wamil, mempunyai syarat-syarat tersendiri bagi pemuda yang wajib ikut wajib militer. jadi, Warga negara yang sudah memenuhi syarat yang ditentukan oleh negaranya, maka di wajibkan mengikuti wajib militer tanpa terkecuali (tanpa melihat status sosial ataupun jabatan). Jadi jangan heran banyak artis yang sudah terkenal harus menunda karirnya karena harus melaksanakan kewajiban yaitu wamil.

Sebut saja Korea Selatan, Negeri gingsenga ini memang sudah sangat populer dengan industri entertainmentnya. Namun negeri ini juga meruapakan salah satu negara yang memberlakukan wamil bagi para pemuda. Sehingga, banyak artis-artis Korea yang harus menunda karir demi melaksanakan kewajiban wamil. Berikut ini beberapa nama diantaranya

Jung Ji Hoon


Jung Ji Hoon atau lebih di kenal dengan nama RAIN termasuk Artis Korea yang harus menjalani wajib Militer. Penyanyi serta aktor yang terkenal dalam serial film Full House ini, resmi ikut wajib militer pada 11 Oktober tahun kemaren. Keikutsertaannya sempat menjadi tangisan bagi ratusan penggemarnya. Saat ini dikabarkan bahwa Rain sudah beradaptasi dengan lingkungan wajib militer dan Rain juga mempunyai stamina yang selalu prima serta pandai dalam hal menembak.

Lee Jun Ki


Jun Ki ikut bergabung dalam kegiatan wamil pada tanggal 3 Mei 2010 lalu. Setelah melewati 22 bulan sebagai tentara aktif, Tepat pada tanggal 16 Februari lalu Jun Ki akhirnya bisa kembali di Dunia keartisannya.

Lee Dong Gun


Pemain serial ‘Queen Seon Deok’ telah menyelesaikan wajib militernya pada Rabu, 29 Maret 2012 lalu setelah menjalani tugasnya selama 2 tahun . Meski 2 Tahun vakum, pada hari yang Ia dibebas tugaskan Artis Korea selatann ini di dapuk menjadi Duta promosi Grand Prix Formula-1 si Korsel. Selain itu, Dia juga mendapat tawaran menjadi pemeran utama daram drama berjudul Can’t Lose. Hal ini membuktikan Wajib militer bukan penghalang bagi pria 32 tahun ini.


Kangin



Setelah menjalani platihan militer sejak 7 juli 2010, salah satu personil Super Junior ini akhirnya pagi ini, masa wajib militernya selesai sudah. Keluarnya Kangin, langsung disambut beberapa personil SuJu lainnya seperti Donghae, Ryeowook, Kyuhyun, Eunhyuk, Leeteuk dan Sungmin. Selain personil SuJu, Ratusan fans SuJu juga tampak menyambut pria 27 tahun ini.

 Selain keempat artis Korea diatas, masih ada beberapArtis yang harus menunda berkarir guna melaksanakan wamil seperti Kim Ji Seok, Kim Ji Hoon, Cho Han Sun, Park Hyo Shin, Hyun Bin, Kangin Super Junior, Mithra Jin (Epik High) dan lainnya.

[ceriwis.us]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...