Minggu, 04 Maret 2012

Sembilan Cara Tetap Sehat di Kantor

9 Cara Tetap Sehat di Kantor

KITA duduk di kantor sekira 8 jam sehari yang kerap mendatangkan masalah punggung. Terdapat banyak cara untuk menjaga kesehatan meski Anda di kantor. Simak sembilan gerakan ringan yang akan menurunkan ketegangan Anda selama bekerja, seperti berikut:
  1. Jangan menyilangkan kaki. Menyilangkan kaki dapat menyebabkan nyeri punggung bawah. Hal ini juga dapat mengurangi sirkulasi yang dapat berkontribusi pada varises.
  2. Luruskan kaki. Meluruskan kaki sambil duduk mampu menjaga panggul dan pinggul seimbang selama Anda duduk di kursi.
  3. Tambahkan beban. Dengan menempatkan satu kaki di buku telepon atau sebuah kotak, Anda memberikan tekanan pada tulang belakang lumbal. Lakukan pada kedua kaki secara bergantian.
  4. Menjangkau ke bawah. Luruskan tangan di samping kursi Anda untuk membawa aliran darah ke tulang belakang.
  5. Regangkan dada. Luruskan tangan Anda sejajar dengan dada dan jari tangan mengarah ke atas untuk meremas tulang belikat Anda. Peregangan ini membuka otot dada yang tengah merasakan stres selama bekerja.
  6. Atur ruang kerja. Ergonomi adalah kunci kesehatan selama Anda berada di kantor; sesuaikan monitor komputer dengan ketinggian mata, cobalah tidak bersandar sambil berbicara di telepon melainkan menggunakan headset sebagai gantinya, dan sebagainya.
  7. Berjalan. Bangunlah dari kursi kerja Anda. Berikan jeda secara rutin untuk Anda berjalan di sela bekerja. Berdiri setidaknya setiap 30 menit untuk meningkatkan sirkulasi darah dan meregangkan otot-otot yang tegang.
  8. Postur yang baik. Bila Anda duduk, praktikkan postur tubuh yang baik dengan menarik perut ke dalam.
  9. Tarik napas. Tarik napas dalam dengan hitungan yang tepat dapat mengurangi tekanan darah, stres, dan memberi Anda energi lebih.

[okezone.com]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...