Senin, 19 Maret 2012

Supporter Lawan, Selamatkan Nyawa Muamba


Kondisi gelandang Bolton Wanderers, Fabrice Muamba, semakin membaik setelah sempat mengalami gagal jantung. Namun, Muamba mungkin tidak bisa selamat jika tidak mendapat bantuan seorang penonton.

Muamba tiba-tiba terjatuh saat pertandingan perempat final Piala FA antara Bolton melawan Tottenham Hotspur di White Hart Lane, Sabtu 17 Maret 2012, berlangsung 41 menit. Melihat Muamba tersungkur di lapangan, para pemain Tottenham dan Bolton langsung memanggil tim medis.

Namun, bukan hanya tim medis Bolton dan penjaga Stadion White Hart Lane yang berlari menghampiri Muamba, namun ada seorang penonton yang tiba-tiba masuk lapangan. Sang penonton yang merupakan fans Tottenham tersebut langsung mendekati Muamba.

Usut punya usut, ternyata sang penonton tersebut adalah Dr Andrew Deaner, seorang ahli jantung dari Rumah Sakit London Chest. Deaner kemudian memberi masukan penanganan tepat untuk Muamba yang jantungnya berhenti berdetak selama mendapat perawatan di lapangan.

Deaner pula yang menyarankan tim medis Bolton untuk membawa Muamba langsung ke Rumah Sakit London Chest tempatnya bekerja. Padahal ada dua rumah sakit yang lebih dekat jaraknya dari White Hart Lane. Setibanya di Rumah Sakit London Chest, Muamba kemudian mendapatkan perawatan terbaik, dan hingga kini kondisinya semakin membaik.

Respon cepat Deaner menuai pujian. Ratusan fans Tottenham dan Bolton bahkan menganggap dokter yang memiliki tiga anak itu sebagai pahlawan. Pujian tersebut dilayangkan fans melalui Twitter milik Muamba.

"Hal yang terpenting adalah seberapa cepat dia (Muamba) mendapat penanganan. Saat kondisi seperti itu, dukungan sangat kritis, dan kecepatan penangan sangat penting. Sedikit tertunda bisa merusak sejumlah organ. Semakin cepat mereka bisa membuat dia bernafas, maka akan lebih baik," ujar Direktur Olahraga Jantung Inggris, Dr Graham Stuart, seperti dilansir Daily Express.

[sumber]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...