Kamis, 22 Maret 2012

Foto : Stamford Bridge Markas Chelsea



Stamford Bridge adalah sebuah stadion sepak bola di London yang merupakan stadion kandang Chelsea Football Club. Stadion ini sering disebut "The Bridge" oleh penggemar klub tersebut dan memiliki apasitas 41.837 kursi penonton.

 Stamford Bridge dibuka pada tahun 1877 dan digunakan oleh London Athletics Club hingga tahun 1905, saat pemilik baru Gus Mears mendirikan Chelsea Football Club untuk menempati stadion. Chelsea memainkan pertandingan kandang di stadion ini sejak saat itu.Stadion ini telah mengalami berbagai perubahan besar selama bertahun-tahun, yang terakhir pada dekade 1990-an ketika dilakukan renovasi untuk menjadikan sebuah stadion yang lebih modern, stadion dengan kursi penonton pada setiap tribun.

Tribun Matthew Harding Kapasitas: 10.884 Tribun Matthew Harding (The Matthew Harding Stand) Tribun Matthew Harding (The Matthew Harding Stand) yang sebelumnya dikenal sebagai Tribun Utara (North Stand), berada sejajar dengan sisi utara lapangan. Pada tahun 1939, didirikan dua tingkat tribun kecil bertempat duduk pada sisi utara lapangan. Pada awalnya tribun ini dimaksudkan untuk mencakup sisi utara lapangan secara keseluruhan, namun pecahnya Perang Dunia II dan dampak sesudahnya memaksa klub untuk membuat tribun ukuran kecil. Pada tahun 1976, tribun ini dihancurkan dan diganti dengan terasering terbuka untuk tempat penonton berdiri. Terasering terbuka ini ditutup pada tahun 1993 untuk kemudian dibangun menjadi Tribun Matthew Harding dua tingkat. Nama tribun ini diambil dari nama mantan wakil ketua Chelsea Matthew Harding, yang investasinya telah membantu transformasi klub pada awal dekade 1990-an sebelum kematiannya dalam kecelakaan helikopter pada 22 Oktober 1996.

Tribun Timur Kapasitas: 10,925 Tribun Timur (The East Stand) dan Shed End Tribun Timur yang lebih luas dibangun pada tahun 1973. Pembangunan tersebut—yang semula dimaksudkan sebagai tonggak awal rencana komprehensif pembangunan kembali stadion—sempat ditinggalkan saat klub mengalami kesulitan keuangan. Meski telah dipugar dan mengalami modernisasi berulang kali, bentuk tiga kantilever bertingkat sejak tribun ini dibangun tetap dipertahankan. Tribun ini merupakan jantung utama stadion. Di bawahnya terdapat lorong untuk pemain keluar-masuk lapangan, ruang bawah tanah, ruang ganti pemain, ruang konferensi pers, pusat pers, pusat audio-video, dan ruang komentator. Tingkat pertama tribun awalnya digunakan sebagai tempat penonton pendukung tim tamu. Namun, sejak awal musim 2005–06 manajer Chelsea saat itu, José Mourinho meminta pemindahan family section ke bagian ini untuk mengangkat moril dan semangat tim. Tempat penonton pendukung tim tamu kemudian dipindahkan ke Shed End.










[wikipedia,premierleague]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...