Rabu, 21 Maret 2012

FOTO: Indahnya Museum Seni Islam di Doha, Qatar


Qatar memiliki Museum of Islamic Art alias Museum Seni Islam yang kini menjadi magnet pariwisata baru. Di museum ini ada banyak kesenian seperti artefak, manuskrip, dan barang-barang kuno, yang berumur ratusan tahun silam.

Jika berkunjung ke Doha, Qatar, jangan lupa untuk datang ke Museum Seni Islam. Museum ini terletak di tepi pelabuhan Doha, tepatnya di ujung selatan Teluk Doha. Bangunan ini mempunyai arsitektur yang menawan dengan luas sekitar 45.000 meter persegi. Museum Seni Islam buka tiap hari kecuali hari Jumat, tiket masuknya pun gratis.

Menurut situs resmi, mia.org.qa, yang dikunjungi detikTravel, Rabu (14/3/2012), Museum Seni Islam dibuka tahun 2008 yang didedikasikan sebagai pusat pendidikan dan informasi di bidang seni dari dunia Islam. Museum ini juga sebagai tempat untuk menjaga dan merawat koleksi dari keragaman seni Islam.

Museum ini dibangun oleh arsitek berkebangsaan Amerika Serikat kelahiran China, Ieoh Min Pei. Dia adalah arsitek jenius yang merancang piramida kaca Museum Louvre di Paris, Prancis. Bangunan museum ini sungguh menakjubkan, mempunyai konsep bangunan yang kuno tetapi digabungkan dengan gaya modern. Sungguh, hanya melihat bangunannya saja, Anda akan takjub.

Di dalam museum, Anda dapat melihat koleksi-koleksi seperti artefak, keramik, kaligrafi, tekstil, dan masih banyak lagi. Koleksi tersebut didapatkan dari berbagai negera seperti Mesir, Turki, Iran, Irak, India, Asia Tengah, dan masih banyak lagi. Museum Seni Islam juga mengadakan beberapa diskusi, seperti diskusi soal kesenian dan pengetahuan sejarah Islam.

Selain koleksi seni-seni Islam, museum ini juga mempunyai beberapa fasilitas yang lengkap. Beberapa fasilitas di antaranya seperti auditorium, perpustakaan, toko-toko buku, restoran, taman, kolam, dan tempat bermain untuk anak-anak. Di dekat museum juga terdapat tempat parkir untuk kapal-kapal pesiar, karena museum ini terletak di dekat laut. Halaman museum cukup luas dan besar, sehingga banyak wisatawan yang menhabiskan waktunya di sana.

Museum Seni Islam memang dirancang untuk memperkenalkan kesenian-kesenian Islam. Banyak ilmu, sejarah, dan seni yang dapat Anda lihat di sini. Ayo, lihat warisan para seniman Islam dan belajar sejarah-sejarah Islam di museum ini.

















[forumvivanews]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...