Kamis, 22 Maret 2012

Sushi Bersinar Jadi Tren Baru di Amerika

Sushi yang bersinar dalam gelap telah menjadi tren terbaru di Amerika, dan menjadi sebuah makanan yang ‘harus dicoba’ di seluruh negara Paman Sam tersebut.

Terinspirasi oleh ikan hasil rekayasa genetika yang awalnya dibiakkan untuk penelitian ilmiah, sushi yang bersinar dalam gelap ini telah menjadi sukses besar.

Resep sushi yang merupakan makanan khas negeri Sakura tersebut menggunakan glofish, sebuah merek modifikasi genetik (GM) ikan zebra neon yang dijual oleh Yorktown Technologies, dan tersedia di toko-toko hewan peliharaan.



Ikan yang dimodifikasi ini pada awalnya dibiakkan untuk membantu mendeteksi polusi lingkungan. Dengan menambahkan gen berpijar alami bagi ikan, para ilmuwan berencana untuk membuat ikan yang bersinar ketika sungai menjadi tercemar.

Ikan glofish tersedia dalam berbagai pilihan warna aneh seperti, Starfire Red, Electric Green, Sunburst Orange, Cosmic Blue dan Galactic Purple.

Namun, tidak semua warga Amerika Serikat dapat menikmati mereka, sebab ikan-ikan ini ilegal di California karena regulasi yang membatasi semua ikan hasil rekayasa genetika di negara bagian AS tersebut.



Selain sushi, ikan berkilau hasil rekayasa genetika ini juga digunakan dalam pembuatan pizza.
Bahkan, untuk para penggemar kulier yang ingin mencoba sesuatu yang jauh lebih ‘ekstrim’, sebuah tim sedang mengerjakan resep untuk masakan dari tikus berkilau, yang diciptakan dengan tehnik yang sama.Semoga menambah wawasan kita semua



[bambang-gene.blogspot.com]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...