Thursday, March 22, 2012

Logo google 23 maret 2012 | Sang pelukis beraliran kubis



Jose Victoriano Gonzalez-Perez atau lebih dikenal dengan Juan Gris adalah seorang pelukis dan pematung Spanyol yang tinggal dan bekerja di Prancis selama hidupnya. Juan Gris mempopulerkan seni lukis Kubisme, yaitu sebuah aliran lukisan dengan ciri mengandung unsur kotak-kotak.

Juan Gris lahir di Madrid pada 23 Maret 1887. Pada tahun 1906 ia pindah ke Paris dan mengikuti jejak rekan senegaranya, Pablo Picasso. Juan Gris mulai melukis dengan serius di tahun 1910, dan tahun 1912 ia mengembangkan gaya Kubisme ciptaan sendiri.

Pada awalnya Gris menganut gaya analitik Kubisme, tapi semenjak 1913 ia mulai beralih ke Kubisme sintetik. Tidak seperti Picasso dengan gaya Kubisme monokromatik, Juan Gris melukis dengan warna cerah yang harmonis dan berani.

Salah satu karya seni Juan Gris “Violon et guitare” terjual USD 28,6 juta pada sebuah acara lelang di bulan November 2010.



Hari ini tepat 125 tahun sejak kelahiran Juan Gris, diperingati Google dengan menampilkan huruf Google dalam lukisan kubisme ala Juan Gris. 

Sumber : Google.com

No comments:

Post a Comment