Minggu, 11 Maret 2012

Pesona Keindahan Kolam 'Seribu Wajah'


Banyak keajaiban atau fenomena alam yang patut kita kagumi, salah satunya adalah kolam 'seribu wajah' yang dikenal dengan sebutan Morning Glory Pool.

Kolam di Taman Nasional Yellowstone National Park, Wyoming, Amerika Serikat ini merupakan sebuah kolam air panas dengan penampilan warnanya yang beragam seperti bitu, hijau, kuning, oranye, dan cokelat tembaga.

Nah jika Anda berencana liburan ke Amerika, cobalah mengunjungi wisata air panas ini karena Morning Glory Pool merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang paling digemari setiap tahun.

Sekitar tiga juta lebih pengunjung datang ke sini untuk menyaksikan keajaiban kolam ini. Glory Pool terbentuk akibat gempa bumi yang meletus hingga keluar sebagai mata air panas.

Dahulu kolam air panas ini berwarna biru cemerlang, tapi kemudian mengalami perubahan. Setelah diteliti, ternyata faktor penyebab perubahan warna itu ditimbulkan oleh penurunan suhu yang berakibat munculnya sejumlah bakteri yang berada di pinggir kolam dan lama kelamaan masuk sampai ke tengah kolam.

Akibat suhu menurun, bakteri pun mulai masuk dan mengubah warna biru menjadi kuning, orange dan coklat tembaga.

Awalnya, bakteri hanya ada di pinggir kolam (warna kuning dan orange) namun seiring dengan makin menurunnya suhu, bakteri mulai merangsek masuk hingga ke tengah.

Pada 1883, EN McGowan, istri dari Asisten Inspektur Taman Charles McGowan menamai kolam itu Morning Glory Pool dan menjadi terkenal oleh masyarakat umum sekitar tahun 1989.

Ia juga menyebut dalam bahasa Latin sebagai Convolutus, yang berarti morning glory flower menyerupai mata air. Untuk menjaga kelestarian wisata Morning Glory Pool, pejabat taman pun melakukan berbagai upaya agar tidak terganggu dari kerusakan alam

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...