Selasa, 06 Maret 2012

Parasit ‘Alien’ ini Menyerang Ikan Dengan Memakan Lidahnya

Parasit ini masuk melalui insang ikan dan memakan lidah korbannya

Sejenis parasit yang mirip alien yang memakan lidah ikan air tawar dan kemudian ‘menggantikan’ posisinya di mulut korban telah menyebar di Mediterania.
Hampir setengah populasi ikan di beberapa daerah telah terinfeksi parasit ini, yang masuk melalui insang ikan muda, kemudian menempel di bagian atas lidah, menghisap darah dan memakan lidah dari korbannya.

Para peneliti menemukan bahwa parasit ‘cerathotoa Italica‘, yang dinamakan ‘Betty’ oleh para ilmuwan, telah menyebar pesat di daerah perairan tempat warga memancing.
Meskipun tidak menimbulkan resiko bagi manusia, namun parasit ini menghambat pertumbuhan ikan, dan menurunkan panjang hidup mereka.

Para peneliti menemukan bahwa ‘Betty’ berkembang pesat di daerah penangkapan ikan berlebihan. Dalam kawasan yang dilindungi di dekat Spanyol, hanya 30 persen dari ikan terinfeksi, sementara itu di perairan Italia yang mengalami penangkapan ikan berlebihan, 47 persen telah menjadi korban parasit.

“Ini adalah bukti lebih lanjut bahwa eksploitasi berlebihan manusia terhadap ikan memiliki efek samping dan lebih besar. Daerah dengan peraturan penangkapan yang kurang memiliki ikan yang lebih kecil dan lebih muda, dan tingkat infeksi parasit yang sangat berbahaya.” tutur Dr Stefano Mariani dari University of Salford.

Stefano Mariani dan rekan-rekannya dari University College Dublin dan University of East Anglia memeriksa kawanan ikan air di dua daerah di Mediterania, suatu daerah di Spanyol yang dilindungi dari penangkapan ikan dan perairan Italia yang mengalami penangkapan ikan secara berlebihan.

[www.berita.manadotoday.com]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...