Kamis, 01 Maret 2012

Misteri Helm Perunggu Prajurit Yunani yang Berusia 2600 Tahun


Sebuah helm parajurti Yunani berbahan dasar perunggu yang diperkirakan sudah berumur ribuan tahun ditemukan di dasar laut Haifa, Israel. Namun pemiliknya masih menjadi misteri.

Yakub sharvit, seorang Direktur Unit Arkeologi Kelautan Israel Antiquities Authority mengatakan " Terdapat ukiran dan ornamen yunani di salah satu bagian dari benda tersebut".

Namun, Bagaimana benda tersebut bisa berada di dasar laut dan siapa pemiliknya? tetapa saja tidak bisa diketahui. Satu teori adalah bahwa helm itu milik salah satu parjurit yang ditempatkan di salah satu kapal perang yunani yang tenggelam ketika sedang berperang melawan Persia pada waktu itu.

Helm itu sebenarnya ditemukan sekitar 5 tahun lalu oleh kapal pengeruk Belanda dan diserahkan kembali kepada Israel Antiquities Authority untuk dilakukan penelitian dan pemeriksaan.


Menurut para ahli penelitian helm ini terbuat dari satu lembar perunggu yang dibuat dengan cara dipanaskan lalu ditempa. Terdapat ukiran ekor merak dan ular dibagian depan tepatnya di pelindung bagian helm parajurit Yunani tersebut. Sedangkan dibagian pelindung pipi kiri dan kanan dari helm tersebut terdapat ukiran bermotif singa.


Tidak jelas bagaimana helm tersebut bisa berada di dasar laut, yang paling jelas helm tersebut tertinggal oleh salah satu prajurit Yunani pada saat sedang bertempur.

Hasil temuan benda purbakala saat ini dipresentasikan di Institut Arkeologi Amerika dan Helm tersbut saat ini dipamerkan di Museum Maritim Nasional Haifa Israel.

[forumvivanews]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...