Monday, August 15, 2011

Resep Jitu Puasa Sehat

Anda masih puasa hari ini?, ya, bulan Ramadhan sudah memasuki hari ke-16, itu artinya sudah separo perjalanan dilewati. Setelah kemarin saya menulis soal tips mengatasi/mencegah bau mulut saat berpuasa, kali ini saya ingin menuliskan tentang resep jitu puasa sehat. Kebetulan resep ini saya dapat waktu kemrin baca di Suara Merdeka terbitan sabtu 13 agustus 2011, di hal 8.

Resep Jitu Puasa Sehat:

Jangan terlalu banyak tidur
Walaupun tidur dianggap ibadah bagi orang yang berpuasa, akan lebih baik jika saat berpuasa kita tetap produktif. Dari segi kesehatan, menggerakkan badan ketika puasa dapat melancarkan peredaran gula darah ke seluruh tubuh.

Makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang
Lakukan sahur dan berbuka puasa secara teratur dengan makanan yang baik namun tidak berlebih-lebihan, Makanan yang dikonsumsi harus sesuai dengan porsi yang dibutuhkan. Saat berbuka, mulailah dengan makanan yang manis. Namun jangan terlalu banyak makanan manis karena akan berefek tidak baik pada kesehatan.

Hindari makanan berlemak
Seimbangkan asupan nutrisi yang Anda konsumsi. Jangan terlalu banyak lemak, seimbangkan sayur, buah, lauk pauk, dan karbohidrat. Berlebihan mengkonsumsi makanan yang minim serat akan menyebabkan pencernaan Anda terganggu. Salah satunya adalah konstipasi atau susah buang air besar.

Nah, demikian resep yang saya peroleh, semoga bermanfaat, semoga puasa kita bisa lancar. :)

No comments:

Post a Comment