Wednesday, August 17, 2011

Olahraga 15 menit perpanjang umur 3 tahun!







Umur memang di "tangan" Tuhan, tapi tak ada salahnya juga untuk menjalani sebuah hidup yang sehat yang dapat memperpanjang kualitas hidup seseorang.



Sebuah studi di Taiwan menemukan bahwa hanya dengan berolahraga atau melakukan latihan ringan selama 15 menit, bisa memperpanjang hidup hingga tiga tahun. Ini mematahkan pemahaman orang selama ini kalau standar berolahraga minimal 30 menit sehari atau lima hari seminggu.



Chi Pang Wen, pimpinan peneliti dari Lembaga Penelitian Kesehatan Nasional Taiwan mengatakan, dengan berolahraga 15 menit sehari seperti jalan cepat akan sangat menguntungkan siapa pun.

"Ini untuk pria, wanita, perokok muda dan tua, orang sehat dan tidak sehat. Cara ini paling tepat buat semuanya," kata Wen, sebagaimana dilansir dari reuters.



Wen dan rekan, yang menerbitkan temuan mereka di jurnal medis The Lancet telah melakukan penelitian terhadap 416.000 peserta selama 13 tahun. Peneliti menganalisis catatan kesehatan dan melaporkan tingkat aktivitas fisik setiap tahun.



Setelah memperhitungkan perbedaan usia, berat badan, jenis kelamin dan berbagai indikator kesehatan yang berhubungan, mereka menemukan bahwa hanya dengan 15 menit berolahraga ringan sehari dapat meningkatkan harapan hidup tiga tahun dibandingkan dengan mereka yang tetap tidak aktif.



"Olahraga 15 menit pertama, manfaatnya sangat besar," kata Wen. "Kami berharap temuan ini akan membuat olahraga lebih menarik bagi orang yang tidak aktif, bahwa mereka dapat mengalokasikan 15 menit sehari, bukan 30 menit," kata Wen.



yahoo

No comments:

Post a Comment