Tuesday, August 16, 2011

Apakah Kita Sudah Benar-benar Merdeka?

Hari ini, 17 Agustus 2011 tepat 66 tahun Indonesia merdeka. 66 tahun yang lalu, Soekarno-Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Patut kita syukuri memang, berkat perjuangan  para pahlawan akhirnya Bangsa Indonesia bisa terbebas dari belenggu penjajahan. Namun, masih terbesit pertanyaan: Apakah Kita Sudah Benar-benar Merdeka?.

Hal itu wajar, mengingat kondisi bangsa yang dirasa masih jauh dari yang diharapkan oleh sebagian besar rakyat Indonesia. Kalau secara umum memang kita sudah merdeka, sudah tidak ada lagi penjajahan secara fisik oleh bangsa lain, tapi kalau dimakanai dengan kemerdekaan dalam artian yang lebih luas, Apakah Kita Sudah Benar-benar Merdeka?.

Masing-masing orang tentunya berbeda dalam memaknai kemerdekaan, tolak ukurnya juga berlainan. Namu, 66 tahun bukanlah waktu yang pendek, jika melihat realita banyaknya pengangguran, tingginya angka kemiskinan, lepasnya Timor Leste menjadi negara merdeka, konflik didaerah, pertikaian antar suku, adanya kelompok yang ingin memisahkan diri dari NKRI, tentunya hal ini menjadi sebuah koreksi, dan wajar jika masih ada yang mempertanyakan: Apakah Kita Sudah Benar-benar Merdeka?.

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA.

No comments:

Post a Comment