Senin, 01 Oktober 2012

Jam Paling Akurat Di Dunia

Tahukah anda, jam paling akurat didunia adalah jam atom. Jam atom dapat berdetak lebih dari sembilan miliar kali per detik.



Jam atom adalah yang paling akurat waktu dan standar frekuensi dikenal, dan digunakan sebagai standar utama untuk internasional jasa distribusi waktu , untuk mengontrol frekuensi gelombang siaran televisi, dan sistem satelit navigasi global seperti GPS.


Prinsip operasi dari jam atom tidak didasarkan pada fisika nuklir , tetapi lebih pada fisika atom dan menggunakan microwave sinyal bahwa elektrondalam atom memancarkan ketika mereka mengubah tingkat energi . Jam atom awal didasarkan pada maser pada suhu kamar. Saat ini, jam atom paling akurat pertama mendinginkan atom mendekati nol mutlak suhu dengan memperlambat mereka dengan laser dan menyelidik mereka dalam air mancur atom dalam rongga microwave-diisi. Contoh dari hal ini adalah NIST-F1 jam atom, AS waktu nasional primer dan standar frekuensi.

Ketepatan jam atom tergantung pada suhu sampel atom-atom dingin bergerak jauh lebih lambat, memungkinkan kali probe lagi, serta memiliki tingkat mengurangi tabrakan-dan pada lebar frekuensi dan intrinsik dari transisi elektronik. Frekuensi yang lebih tinggi dan garis sempit meningkatkan presisi.




Standar nasional lembaga di sebagian besar negara industri dan semi-industri mempertahankan keakuratan 10 -9 detik per hari (sekitar 1 bagian dalam 10 14), dan presisi yang ditetapkan oleh pemancar radio yang memompa maser . Jam ini secara kolektif menentukan skala waktu kontinu dan stabil, Waktu Atom Internasional (TAI). Untuk waktu sipil, skala waktu lainnya digunakan disebarluaskan, Coordinated Universal Time (UTC). UTC diturunkan dari TAI, tetapi kira-kira disinkronkan, dengan menggunakan detik kabisat , untuk UT1 , yang didasarkan pada rotasi bumi yang sebenarnya sehubungan dengan waktu surya.

SUMBER

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...