Sunday, October 21, 2012

10 Manusia Terpintar Yang Masih Hidup


10 Manusia Terpintar Yang Masih HidupSiapa yang tidak ingin pintar? semua orang pasti ingin pintar, namun sayangnya kapasitas IQ (Intelligence Quotient) yang dimiliki tidak selamanya memuaskan. Ya, IQ merupakan salah satu tolak ukur utama untuk menilai kepintaran seseorang. Dengan kata lain, IQ yang tinggi menandakan kepintaran yang dimiliki.
Di dunia ada beberapa tokoh yang dianggap paling pintar akibat memiliki IQ di atas rata-rata. Namun tidak semuanya masih hidup hingga saat ini. Nah berikut ini adalah 10 orang paling pintar dengan tingkat iQ paling tinggi yang tercatat masih hidup hingga saat ini seperti yang dilansir Geeks Are Sexy.
 
 
1. Stephen W. Hawking (70)
Nama Stephen Hawking mungkin menjadi salah satu orang pintar yang paling dikenal di muka bumi. Berkat berbagai teorinya mengenai jagat raya, ia mendapat pengakuan, tidak hanya dari kalangan ilmuwan tapi juga para pejabat pemerintahan. Makanya tidak heran jika kemudian ia mendapatkan banyak penghargaan. Total ada 14 penghargaan yang diraih semasa hidupnya. Namun, dibalik kepintaran yang dimiliki, Stephen Hawking harus menerima kenyataan dirinya menderita penyakit yang membuat seluruh tubuhnya lumpuh, termasuk indra suaranya. IQ Stephen Hawking yang tercatat secara resmi adalah 160.
 
 
2. Kim Ung-Yong (50)
Di antara semua orang pintar, sosok Kim Ung-Yong mungkin menjadi yang paling hebat dengan tingkat IQ paling tinggi di dunia. Setidaknya hal itu sudah dibuktikan dengan catatan Guiness World Record, dimana mereka mencatat bahwa IQ Kim mencapai 210.
Kepintaran Kim sendiri sebenarnya sudah terlihat sejak masih balita. Bayangkan saja, di usia 2 tahun, ia sudah menguasai 4 bahasa dan di usia 4 tahun, ia sudah mengikuti kuliah. Dan jika Anda menganggap rekor itu belum cukup, maka Anda perlu melihat rekor miliknya yang dipanggil NASA di usia 8 tahun saja.
 
 
3. Paul Allen (59).
Jika Anda menganggap sosok Bill Gates sebagai orang pintar, maka kepintarannya masih kalah jauh dibandingkan pendiri Microsoft yang lainnya, yakni Paul Allen. Paul Allen mendapatkan skor IQ sebesar 170. Dibandingkan dengan orang terpintar lainnya, sosok yang satu ini bahkan diklaim orang yang paling sukses mengubah kekuatan otaknya menjadi uang dan kekayaan.
 
 
4. Rick Kosner (52)
Dengan IQ sebesar 192, Anda mungkin tidak akan mengira seorang sosok Rick Kosner memilih pekerjaan sebagai penulis di TV. Namun sekali lagi, ia diklaim memiliki tingkat kejeniusan di atas rata-rata. Dan yang paling menarik adalah catatan perjalanan karirnya yang pernah menjadi seorang penari striptis, pelayan restoran dan model telanjang.
 
 
5. Gary Kasparov (49)
Siapa yang tidak mengenal sosok master catur ini. Walau sempat kalah dalam pertandingan catur melawan komputer jenius, namun Anda pasti tidak ingin melawan kepintaran pria kebangsaan Rusia ini. Dengan IQ sebesar 192, Gary Kasparov menorehkan namanya di dunia dengan menjadi juara dunia catur termuda, yakni di usia 22 tahun. Setelah pensiun di tahun 2005, Kasparov kini aktif di bidang politik dan tulis menulis.
 
 
6. Sir Andre Wiles (59)
Sir Andre Wiles dikenal sebagai pakar matematikanya orang Inggris. Di tahun 1995, ia menciptakan rumus matematika paling sulit yang ada di dunia. Berkat kontribusinya terhadap Matematik, pria yang memiliki IQ 170 ini diberikan gelar kebangsawanan oleh Ratu Inggris.
 
 
7. Judith Polgar (35)
Judit Polgar memang lahir dari keluarga yang tidak biasa. Sang ayah yang terobsesi pendidikan, membesarkan Judit bersama kakak dan adiknya dalam sebuah penelitian pendidikan. Dan rupanya eksperimen tersebut berhasil. Setidaknya dalam bidang catur. Di usia 15 tahun, Judith Polgar mampu mengalahkan Bobby Fisher dan menjadi grandmaster catur wanita termuda pada saat itu. IQ Judith sendiri diketahui sebesar 170.
 
 
8. Christopher Hirata (30)
Selain dikenal nerd, sosok Christopher Hirata dikenal memiliki otak paling cemerlang. Dengan IQ sebesar 225, ia sudah dipanggil ke perusahaan Caltech pada saat usianya baru 14 tahun. Dan di usia 16 tahun, ia ditarik NASA untuk mengerjakan proyek kolonisasi Planet Mars.
 
 
9. Terrence Tao (36)
Tao mulai menunjukkan bakatnya dalam Matematika sejak balita dengan menonton serial anak Sesame Street. Di usia 2 tahun, usia yang menurut sebagian orang tua masih masa pertumbuhan, Tao sudah bisa melakukan penghitungan Matematika dasar. Dan di usia 9 tahun dia sudah belajar matematika sekelas universitas, sebelum akhirnya resmi meraih gelar Ph.D di usia 20 tahun. Tingkat IQ Tao berada di atas rata-rata, yakni 230.
 
 
10. James Woods (65)
Yup, ini bukan kesalahan pengetikan. Sosok James Woods memang seorang jenius. Dalam ujia SAT, Woods berhasil meraih nilai sempurna, 800 dalam ujian verbal dan 779 dalam ujian Matematika. Saat muda, Woods sempat masuk ke universitas ternama di AS, UCLA, dengan sistem beasiswa. Sayang kesukaannya pada bidang akting membuat karir pendidikannya terhenti.
 
 

No comments:

Post a Comment