Jumat, 26 Oktober 2012

Jenis-Jenis Data Dalam Statistik

Jenis-Jenis Data Dalam Statistik 
Jenis-Jenis Data Dalam Statistik - terbaru5.blogspot.com - Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang data. Kali ini terbaru5 akan membahas tentang jenis-jenis data yang dipakai dalam statistika.
Dimana artikel ini adalah sebagai pengetahuan umum bagi saya dalam bidang statistika.

Dalam statistika ada 4 yang digunakan, antara lain : nominal, ordinal, interval, dan rasio. Keempat skala pengukuran tersebut mempunyai level penggunaan yang berbeda dalam pengolahan setiap jenis statistiknya.
Dibawah ini adalah jenis jenisnya.

Jenis-Jenis Data Dalam Statistik
  1. Nominal hanya dapat membedakan sesuatu yang sifatnya kualitatif atau kategoris, misalnya jenis kelamin, warna kulit, dan agama.
  2. Ordinal dapet membedakan sesuatu dan juga menunjukkan tingkatan, misalnya tingkat pendidikan dan tingkat kepuasan pengguna.
  3. Interval berupa angka kuantitatif namun tidak memiliki nilai nol mutlak sehingga titik nol dapat digeser sesuka orang yang mengukur, misalnya tahun dan suhu dalam Celcius.
  4. Rasio berupa angka kuantitatif yang mempunyai nilai nol mutlak dan tidak dapat diubah sesukanya (tetap), misalnya adalah suhu dalam Celcius, berat, dan panjang.
Nah, diatas adalah artikel tentang jenis-jenis data dalam statistik, semoga bermanfaat dan menambah wawasan, bila ada yang salah mohon dikoreksi dengan cara berkomentar dibawah artikel ini.
Terimkasih telah berkunjung di artikel yang berjudul jenis-jenis data dalam statistik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...